SDN 1 Karang Panimbal Butuhkan Tenaga TU & UKS

17/03/2011 0 Comments

Saat jam istirahat, beberapa siswa SDN 1 Karang Panimbal tampak bermain di halaman sekolah. Hingga saat ini sekolah tersebut belum memiliki ruang UKS dan tenaga Tata Usaha. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Karang Panimbal di Jl. Siliwangi 21, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, hingga saat ini belum memiliki tenaga Tata Usaha (TU) dan ruang UKS.

Hal itu dikatakan Kepala SDN 1 Karang Panimbal, Iti Miswarayati, S.Pd., Jum’at (11/3). Menurutnya, tenaga TU bagi sekolah tingkat dasar memang sangat diperlukan untuk pengelolaan adminstrasi sekolah.

Lantaran, selama ini pengelolaan adminstrasi sekolah dikerjakan oleh guru. Jika di sekolah tingkat dasar dilengkapi tenaga TU, maka tugas guru hanya fokus pada kegiatan belajar mengajar.

SDN 1 Karang Panimbal memiliki jumlah murid sebanyak 139 siswa, terdiri dari 6 rombongan belajar (rombel), dan 9 orang tenaga pendidik berikut 1 kepala sekolah, juga sangat memerlukan ruang UKS untuk sarana kesehatan siswa.

“Terakhir bantuan yang kami terima itu tahun 2009, yaitu DAK (Dana Alokasi Khusus-Red) untuk rehab ruang kelas. Sedangkan DAK tahun 2008 diperuntukan bagi pembangunan ruang perpustakaan,” jelas Iti.

Lebih lanjut dia mengatakan, tenaga pendidik di SDN 1 Karang Panimbal telah mencukupi. Dari jumlah 9 tenaga pendidik, 8 orang diantaranya telah berstatus PNS, dan 1 orang tenaga sukwan. Mereka terdiri dari 6 guru kelas, 1 guru agama, 1 guru olah raga dan 1 guru bidang.

Upaya untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di SDN 1 Karang Panimbal adalah, khusus bagi siswa kelas 6, setiap harinya diadakan tambahan waktu belajar, yaitu dari pukul 12.00-13.45.

Kemudian, memanfaatkan perpustakaan sebagai media tambahan dalam pembelajaran untuk semua siswa, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Dengan demikian, sebagai kepala sekolah dia berharap, SDN 1 Karang Panimbal ingin lebih maju dalam semua bidang, seperti halnya dalam prestasi siswa, guru, maupun prestasi sekolah.

Ada beberapa prestasi yang baru-baru ini berhasil diraih SDN 1 Karang Panimbal. Untuk bidang olah raga yaitu, juara sepak bola tingkat Kota Banjar, juara Hifdil Qur’an tingkat Kecamatan dan juara mengarang se-Kota Banjar.

“Visi kami adalah, menyediakan sekolah yang nyaman, tentram, dinamis dan inovatif, sehingga tercipta lulusan yang dapat bertindak silih asah, silih asih, silih asuh, bari cageur, bageur, bener, pinter tur singer,” katanya.

Sedangkan misinya adalah, mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan, menumbuh kembangkan pendidikan kepribadian, akhlak mulia dan budi pekerti yang baik.

Menyiapkan generasi unggul yang memiliki potensi di bidang pendidikan IMTAQ dan IPTEK, serta menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply