SMAN 2 Ciamis Gondol Gelar Juara Umum LCC Pra UN 2011

05/03/2011 Pendidikan
SMAN 2 Ciamis Gondol Gelar Juara Umum LCC Pra UN 2011

Kontingen LCC Pra UN SMA Negeri 2 Ciamis tengah berpose setelah mereka berhasil merebut Juara Umum LCC Pra UN tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis, yang digelar di kampus SMA Negeri 3 Ciamis, pekan lalu. Foto : Subagja Hamara/HR.

Pembuktian Sebagai SMA Berkualitas di Kab. Ciamis

Subagja Hamara

SMA Negeri 2 Ciamis membuktikan diri sebagai sekolah berkualitas di Kab. Ciamis. SMA yang berlebel Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini, mampu mendominsi sekaligus menjadi Juara Umum dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Pra Ujian Nasional (UN) tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Ciamis, pekan lalu. Gelar Juara 1 LCC UN Kelompok IPA dan Gelar Juara 2 LCC UN Kelompok IPS, digondol oleh siswa sekolah tersebut.

Sebulan sebelum LCC Pra UN tahun 2011 tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis digelar, seluruh guru kelas 3 di SMA Negeri 2 Ciamis, sibuk. Mereka memilih siswa untuk dijadikan perwakilan kelas dalam lomba LCC Pra UN antar kelas di internal SMA 2 Ciamis.

Terpilihlah masing-masing empat siswa dari perwakilan kelas. Mereka bertarung untuk menunjukan kemampuan akademiknya. LCC Pra UN di internal SMAN 2 Ciamis selesai, giliran guru pembimbing sibuk. Mereka berputar otak untuk memilih siapa siswa yang menjadi peserta LCC Pra UN antar kelas, yang paling menonjol kecerdasannya.

Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd

Dari sekian siswa yang mengikuti LCC tersebut, akan disaring menjadi empat orang dari masing-masing jurusan. Empat orang dari masing-masing jurusan tersebut, nantinya akan menjadi wakil SMA Negeri 2 Ciamis dalam LCC Pra UN tingkat SMA se Kabupaten Ciamis, yang digelar di kampus SMA Negeri 3 Ciamis.

Akhirnya, terpilihlah empat nama dari masing-masing jurusan. Dari jurusan IPA, terpilih Ardhan Bayu, Indra Melta Siswara, Iis Istiqomah dan Dena Hilmi Fauzi. Sementara dari jurusan IPS, terpilih Dini Andiani, Dini Setya Pribadi, Ratih Kurniasih dan Fauzan Nurul Aini.

Tak hanya sampai disitu. Setelah terjaring empat siswa dari masing-masing jurusan, kemudian siswa yang terpilih tersebut diberi bimbingan belajar selama satu bulan oleh guru pembimbing.

Kepala SMA Negeri 2 Ciamis, Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd, didampingi Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 2 Ciamis,  Drs. Pajar dan  Drs. H. Adji Sukmadji, kepada HR, Selasa (1/3), mengatakan, keberhasilan SMA Negeri 2 Ciamis menjadi Juara Umum LCC Pra UN 2011 tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis tentunya dengan proses dan persiapan yang matang.

“ Tiap hari minggu, mereka diberi bimbingan belajar dan simulasi perlombaan cerdas cermat, agar mereka siap dan tidak grogi saat perlombaan LCC sesungguhnya, “ ujar Pajar.

Pajar menjelaskan, metoda dengan cara sistem penjaringan untuk menentukan wakil SMAN 2 Ciamis dalam LCC Pra UN tingkat Kabupaten, baru kali ini dilakukan. Pada tahun sebelumnya, pemilihan siswa untuk menjadi duta sekolah ini dalam LCC Pra UN tingkat Kabupaten, hanya dengan sistem ‘comot’ yang pemilihannya berdasarkan penilaian guru.

“ Justru dengan sistem penjaringan seperti ini, ternyata kita berhasil, “ kata Pajar sambil tertawa sumringah.

Pantas saja seluruh guru di SMAN 2 Ciamis, sumringah. Pasalnya, semenjak LCC Pra UN digelar pada tahun 2006, baru kali ini sekolah yang baru dua tahun dipimpin oleh Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd ini, menjadi juara umum.

“ Terus terang, kita sangat menikmati keberhasilan ini. Karena perjuangan kita yang mempersiapkan LCC ini selama satu bulan penuh, ternyata dibayar lunas oleh keberhasilan dengan menyabet gelar Juara Umum, “ ujarnya.

Adji menambahkan, keberhasilan ini pun sekaligus merubah sejarah di LCC Pra UN tingkat Kabupaten, yang beberapa tahun terakhir kerap didominasi oleh salah satu SMA.

“ Keberhasilan LCC ini pun bisa dijadikan parameter kesiapan kita dalam UN yang akan digelar bulan depan. Kelulusan 100 % dalam hasil UN tahun kemarin, insyaalloh dapat kita pertahankan pada UN tahun ini. Keberhasilan itu pun bisa dijadikan parameter juga bahwa  saat ini sekolah kami adalah SMA yang paling berkualitas dan terbaik di Kab. Ciamis,” ungkapnya.

Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd, mengungkapkan, keberhasilan yang diraih oleh SMA Negeri 2 Ciamis dalam LCC Pra UN tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis, tak lepas dari peran seluruh guru yang terus bekerja keras guna mencetak siswa yang handal.

“ Prestasi yang terus diraih oleh sekolah kami merupakan keberhasilan kolektif seluruh guru di SMA 2 Ciamis. Karena peranan guru sangat dominan dalam menghantarkan sekolah ini selalu meraih prestasi,” katanya.

Selain sukses dalam LCC Pra UN tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis, SMAN 2 Ciamis pun sukses di perlombaan akademik lainnya di awal tahun 2011 ini. Diantaranya,  Juara 2 Iptek Tertulis tingkat Nasional, Ranking ke –24 pada perlombaan Matematika tingkat Nasional dan Juara 2 Toepel se- Priangan Timur.

Sementara untuk prestasi pada perlombaan non – akademik,  SMAN 2 Ciamis mendapat gelar Juara 1 pada perlombaan Nasyid se Priangan Timur, Juara 1 Sepakbola Tut Wuri Handayani sekaligus pemainnya menjadi pemain terbaik dan pelatihnya juga mendapat gelar terbaik, Juara 1 Silat se- Priangan Timur dan Juara 1 Maca Warta Sunda tingkat Provinsi. ***

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles