Warga Cieurih Bangun Jalan Rusak Secara Swadaya

10/03/2011 0 Comments

Masyarakat Dusun Cieurih Kaler sedang bergotong royong membuat jalan menuju Cieurih Kaler. Foto : Eji Darsono/HR.

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Cieurih Kaler Desa Cieurih Kecamatan Cipaku menggarap pembangunan jalan menuju Cieurih Kaler sepanjang 1.800 meter. Dana yang digunakan merupakan hasil swadaya masyarakat setempat.

Pembangunan tersebut sengaja dilakukan oleh warga, karena kondisi jalan bisa lebih parah bila tidak juga diperbaiki segera. Dan diakui warga, pembangunan jalan tersebut sudah memakan biaya cukup banyak.

Ketua Pelaksana Pembangunan, Asep Saepulloh, mengatakan, kondisi jalan di wilayah tersebut tergolong cukup rusak. Sehingga memaksa warga untuk memperbaikinya secara swadaya.

Asep menambahkan, kerusakan jalan tersebut diakibatkan karena saluran air di jalan tersebut tidak berfungsi dengan baik, dan air dari saluran itu sering merendam jalan, apalagi saat hujan terus-menerus.

Ia menegaskan, agar jalan tak cepat rusak, maka dibuat lebih permanen agar pengguna sarana transportasi dan pejalan kaki bisa lebih nyaman.

Ketua BPD Desa Cieurih, Iyas, S.Pd., saat ditemui HR mengatakan, bahwa masyarakat sangat antusias dalam  pembangunan jalan kali ini. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat yang turun langsung membantu pengerjaanya.

Iyas berharap, pembuatan jalan dibarengi dengan perbaikan saluran airnya. Dia khawatir pengalaman yang sudah-sudah akan terjadi lagi.

Kaur Kesra Desa Cieurih, Solihin, mengatakan, pembuatan jalan menuju Dusun Cieurih Kaler tidak asal jadi, meski biaya bersumber dari masyarakat, pembangunan jalan tetap akan dilaksanakan semaksimal mungkin agar warga merasa puas. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!