Pasang Iklan

41 SD Negeri dan Swasta Ikuti Lomba Calistung

Peraih Prestasi calistung Juara ke 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 3 kelas 1 yang sempat diabadikan HR. Foto : Eji Darsono/HR.

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Sedikitnya 121 siswa-siswi kelas satu, dua dan tiga dari 41 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta di Kec Cipaku mengikuti lomba membaca, menulis dan berhitung (Calistung), yang diselenggarakan pihak UPTD Pendidikan Kec. Cipaku.

Ketua Panitia Acara, Drs. Nandang Kurnia, Selasa (26/4) mengatakan, lomba calistung sengaja diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SD se-kecamatan.

Menurut Nandang, membaca menulis dan menghitung merupakan ilmu/ keahlian dasar siswa SD. Selain itu, calistung juga merupakan program akademik untuk menciptakan siswa-siswa berkualitas.

Nandang menambahkan, lomba calistung mengacu pada standar isi dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Sementara itu, kompetensi lomba calistung yakni siswa dapat menulis dengan menggunakan hurup tegak bersambung dalam bentuk naskah yang dikembangkan dengan bentuk cerita atau bukan bentuk cerita. Sedangkan untuk lomba menulis (dikte), materinya mengacu pada hafalan juga pemahaman kosakata.

Dalam lomba calistung ini, juara 1 diarih oleh siswa kelas 1 SDN 3 Jalatrang Virna Nuraeni. Juara 2 diarih Muzaqia Ajahra dari SDN 3 Selacai, juara 3 diraih Anita Firtiani dari SDN 2 Jalatrang.

Untuk kelas II, juara 1 diperoleh Pika N dari SDN 2 Pusakasari, juara 2 diaroh Siti Aulia S dari SDN 1 Selacai, juara 3 diraih Ilham K dari SDN 1 Ciakar. Sedangkan untuk kelas 3, juara pertama diperoleh  Nawiya Salsabila dari SDN 2 Buniseuri, juara 2 diraih Naisya Putri  dari SDN 4 Buniseuri, dan peringkat ke 3 dimenangkan oleh Galih Pikri Fadilah dari SDN 1 Mekarsari. (dji)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below