Dari 94 Peserta, Hanya 24 Lolos Uji Kompetensi

14/04/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),– Dari 94 orang jumlah peserta pelatihan kompetensi pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan Pemerintah Kota Banjar, hanya 24 orang saja yang berhasil lolos uji kompetensi.

Menurut Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, Drs. H. Nana, bahwa jumlah peserta sebanyak 94 orang tersebut merupakan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Banjar.

“Saya kira, dengan angka kelulusan sebanyak dua puluh empat orang itu masih termasuk baik, karena dari jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti pelatihan, lebih dari 20 persennya dinyatakan lulus,” katanya, Senin (11/4).

Selain itu, lanjut dia, waktu pelatihan juga terhitung sangat singkat, yaitu dua hari, sehingga ada kemungkinan pemahaman yang diserap oleh para peserta pelatihan tidak terlalu optimal.

Di lain pihak, Anggota DPRD Kota Banjar, Abdullah M Syafi’i, S.SOS.I., mengatakan, banyaknya peserta yang tidak lulus salah satunya bisa diakibatkan oleh sistem pelatihan.

Karena, jika tingkat ketidak lulusan peserta sangat dominan, ada kemungkinan sistem pelatihan yang dilakukan terhadap peserta terbilang buruk, atau jelek.

Menurut dia, kemungkinan penyebab lain datang dari peserta itu sendiri, salah satunya ketidak seriusan peserta dalam mengikuti proses pelatihan, atau bahkan kapasitas peserta pelatihan banyak yang di bawah standar.

“Saya kira banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ketidak lulusan para peserta pelatihan, lantaran fisikologis peserta juga dapat mempengaruhi kinerja seseorang, atau bahkan ada faktor-faktor lain,” kata Abdullah, saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (12/4). (pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply