Desa Karangbenda Fokus Benahi Infrastruktur

21/04/2011 0 Comments

“Dengan adanya program perbaikan jalan desa tersebut diharapkan dapat memperlancar laju ekonomi warga di bidang pertanian, sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian seperti padi, kelapa dan hasil kayu,” Kepala Desa Karangbenda, Ir. Aris

Parigi, (harapanrakyat.com),- Selama tiga tahun, Pemerintahan Desa Karangbenda, Kec. Parigi, Kab. Ciamis terus berbenah. Sejumlah program pembangunan infrastruktur sarana umum menjadi prioritas utama. Salah satunya, perbaikan jalan desa di tiga kampung, yakni di kampung Karangbenda, Bojongmalang dan Kampung Cijatu.

“ Dengan adanya program perbaikan jalan desa tersebut diharapkan dapat memperlancar  laju ekonomi warga di bidang pertanian, sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian seperti padi, kelapa dan hasil kayu,” kata Kepala Desa Karangbenda, Ir. Aris, kepada HR, belum lama ini.

Menurut Aris, berdasarkan hasil kesepakatan bersama para tokoh masyarakat tahun 2011, juga ada tiga lagi agenda pembangunan infrastruktur yang tengah dilaksanakan, yakni penyelesaian Gedung Olah Raga (GOR) tahap ketiga sebesar Rp. 150 juta dibangun di atas tanah milik desa, dengan daya tampung 350 orang lengkap dengan pertamanan dan sarana parkir.

Yang kedua, kata Aris, program pengerasan jalan dusun Pamagangan menghubungkan dengan Desa Margacinta Kec. Cijulang melalui sumber dana PNPM senilai Rp. 130 juta, ditambah tenaga murni masyarakat sebesar Rp. 20 juta.

“Pengerasan jalan tersebut diharapkan dapat memperlancar perekonomian antar desa tetangga, juga diharapkan memperlancar akses jalan menuju desa perbatasan. Karena letak Kampung Pamagangan cukup strategis, yang bisa menghubungkan ke beberapa desa tetangga, “ ungkapnya.

Aris menambahkan program pembangunan ketiga yakni pemeliharaan jalan Siliwangi sepanjang 2,5 KM, yang menghubungkan Dusun Karangbenda dengan Dusun yang berbatasan dengan Desa Ciliang.

“Pembangunan jalan Siliwangi  didanai dari bantuan Provinsi sebesar Rp. 250 juta,” katanya.

Aris juga berharap dengan dibangunnya jalan Siliwangi, bisa dijadikan jalan alternatif bagi pengendara guna  mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya milik Provinsi. Sehingga diharapkan angka kecelakaan di jalan raya bisa ditekan.

“ Makanya, kita akan terus berusaha untuk mencari dana baik ke Kabupaten, Provinsi maupun Pusat guna menyelesaikan seluruh agenda pembangunan di desa ini, “ tekadnya.

Ditempat yang berbeda, Ketua Pemuda Dusun Pamagangan Desa Karangbenda, Uyan, menilai selama kurun waktu 3 tahun berjalan, kepemimpinan Kepala Desa Karangbenda dalam pembangunan cukup bisa dirasakan, walaupun masih ada salah satu program bidang pembangunan pengairan persawahan guna peningkatan hasil padi, belum terealisasi.

“ Tinggal segera dipikirkan oleh kepala desa mengenai pembangunan perairan pertanian guna memperlancar pasokan air ke persawahan warga. Karena jika itu dibangun, dipastikan akan meningkatkan hasil pertanian warga, “ pungkasnya. (Ukan)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!