Dewan Minta Audit PNPMM Oleh Inspektorat Transparan untuk Publik

14/04/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),Belum selesainya laporan hasil pemeriksaan tahap akhir yang dilakukan Inspektorat Kota Banjar terhadap desa dan kelurahan, terkait dengan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPMM), mendapat tanggapan dari anggota DPRD Kota Banjar, Ir. Soedrajat Argadiredja.

Menurut Soedrajat, idealnya Inspektorat harus berani transparan melaporkan hasil auditnya kepada publik, terlepas apakah hasilnya terdapat penyimpangan atau tidak dari hasil pemeriksaan tersebut.

Karena, audit yang dilakukan Inspektorat tentu mempunyai tujuan untuk perbaikan terhadap pelaksanaan program PNPM Mandiri di Kota Banjar.

“Saya kira, terlepas hasil audit mengisyaratkan penyimpangan, baik itu teknis, anggaran ataupun administrasi, namun yang jelas hasil audit tersebut bisa memberikan solusi yang kontrukstrif, dan tentunya dapat diketahui oleh publik,” kata Soedrajat, saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (12/4).

Lanjut Soedrajat, Kepala Inspektorat juga harus lebih peka dan cepat tanggap dalam menyikapi setiap laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh institusinya selama ini.

Lantaran, sikap peka dan cepat tanggap dari Kepala Inspektorat dalam menyikapi hasil audit dapat menjadi sikap preventif, sehingga tidak akan ada perkembangan berbagai isu yang malah dapat merugikan institusi Inspektorat itu sendiri.

Dia juga menilai, bahwa dari survey yang dilakukan pihaknya di lapangan, tujuan dari program PNPM Mandiri memang sangat bagus.

“Saya lihat di lapangan, program ini sangat bagus dalam membantu program-program pembangunan yang selama ini telah dilakukan oleh pemerintah di masyarakat,” katanya.

Program PNPM Mandiri juga cukup baik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan pemerintah. Namun, tegasnya, jangan sampai kepentingan individu pengelola lebih dominan ketimbang kepentingan masyarakat. (Pjr)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!