Gelar Siswa & Guru Berprestasi 2011 ‘Milik’ SMAN 2 Ciamis

29/04/2011 0 Comments

Kepala SMAN 2 Ciamis, Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd (tengah), tengah berpose dengan Nurul Nurmala peraih Juara 1 Siswa Berprestasi tingkat Kabupaten dan Mochammad Solehudin peraih Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten, Senin (25/4). Foto : Subagja Hamara.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah Nurul Nurmala Siswa Kelas 11 IPA 4 SMA Negeri 2 Ciamis berhasil merebut juara 1 lomba Siswa Berprestasi, kini giliran Drs. Mochammad Solehudin, M.Pd, Guru SMAN 2 Ciamis, merebut gelar Guru Berprestasi tingkat SMA se- Kabupaten Ciamis. Dengan begitu, tropi juara 1 Siswa Berprestasi dan juara 1 Guru Berprestasi tahun 2011 kini menjadi ‘milik’ SMAN 2 Ciamis.

Guru Biologi yang lahir 1 Januari 1964 ini mengaku bersyukur dirinya bisa menyingkirkan 22 guru dalam ajang guru berprestasi tingkat SMA, yang digelar di kampus SMAN 3 Ciamis, Sabtu pekan lalu. Dia pun kini tengah mempersiapkan laporan untuk bahan yang akan dipersentasikan pada lomba Guru Berprestasi tingkat Provinsi di Bandung, dalam waktu dekat ini.

“ Alhamdulilah, saya merasa bangga bisa menjadi wakil Kabupaten Ciamis dalam ajang lomba G  uru Berprestasi tingkat Provinsi. Semoga saya berhasil dan bisa mengharumkan dunia pendidikan Ciamis di tingkat Jawa Barat, “ ujar Mochammad Solehudin, kepada HR, Senin (25/4).

Pantas saja, SMAN 2 Ciamis berhasil merebut dua gelar sekaligus dalam ajang Siswa Berprestasi dan Guru Berprestasi tingkat Kab. Ciamis. Pasalnya, dalam pemilihan wakil dari siswa dan guru, dilakukan seleksi secara ketat dan objektif di internal SMAN 2 Ciamis.Makanya, wakil dari sekolah yang berstatus RSBI itu, benar-benar wakil terbaik di sekolah tersebut.

Menurut Solehudin, setalah selesai tahapan seleksi hingga akhirnya dia terpilih sebagai wakil SMAN 2 Ciamis, tim guru dari sekolah pun memberikan pembekalan dan simulasi yang digembleng selama tiga hari.

“ Saya oleh tim dibekali bahan materi mulai dari pembuatan karya ilmiah hingga digembleng mengenai simulasi dalam teknik persentasi sesuai dengan empat kompetensi guru, “ terangnya.

Solehudin mengatakan, dalam penilaian Guru Berprestasi di tingkat Kabupaten, penilaiannya cenderung lebih dilihat dari sisi kecakapan dalam metode pengajaran. Artinya, tim penguji lebih melihat dari kepiawaian seorang guru dalam mempersentasikan bahan pembelajaran, sehingga dapat mudah dicerna oleh siswanya.  Disamping itupula dilihat dari prestasi kerja hingga kualifikasi akademis.

“Karena saya sudah terbiasa mempersentasikan pembelajaran kepada siswa yang selalu dikemas secara menarik dan berusaha dapat mudah dicerna oleh siswa, mungkin hal itulah yang menjadi poin bagi saya, “ ujarnya.

Kepala SMA Negeri 2 Ciamis, Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd, mengaku bangga dengan keberhasilan siswa dan guru SMAN 2 Ciamis yang mampu merebut gelar juara dalam ajang bergengsi di lingkungan dunia pendidikan. Dia berharap kesuksesan itu bisa berlanjut pada ajang serupa di tingkat Provinsi.

“ Terus terang, prestasi ini sangat membanggakan bagi sekolah kami. Setelah sejumlah gelar juara dalam perlombaan akademik maupun non akademik, seperti juara umum LCC (Lomba Cerdas Cermat) tingkat kabupaten dan sejumlah gelar juara lainnya sudah kita raih, ternyata kini berlanjut dengan keberhasilan serupa di ajang siswa dan guru berprestasi yang merupakan ajang bergengsi, “ ujarnya, kepada HR, di ruang kerjanya, Senin (25/4).

Sebagai bentuk reward atas keberhasilan tersebut, kata Endang, pihaknya akan memberikan beasiswa pendidikan S2 kepada Mochammad Solehudin yang kini tengah menempuh pendidikan S2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

“ Sejumlah prestasi yang secara berturut-turut diraih sekolah kami merupakan buah dari penerapan manajemen yang dikelola secara profesioanal yang diterapkan di sekolah ini. Manajemen itu pun memiliki 3 jargon, yakni disipline, clear dan on time. Dan alhamdulilah, hal itu sudah berjalan dengan baik dan terbukti membuahkan hasil yang baik pula,” ujar Kepala SMA yang kini tengah menempuh disertasi Doktor bidang pendidikan ini. (Subagja Hamara)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply