Jabatan Sekdes Neglasari Terisi Mei

07/04/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Kekosongan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) di Kantor Desa Neglasari akan segera terisi pada bulan Mei mendatang. Rencananya, orang yang akan menduduki jabatan tersebut diambil dari Kantor Kecamatan Banjar.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Neglasari, Bakin Kusdiana, Senin (4/4). Menurut dia, jabatan Sekdes memang harus dijabat oleh orang yang benar-benar tahu situasi di desa.

Karena, jika dijabat orang yang memahami kondisi di desa, maka pihaknya tidak perlu lagi mengarahkan mengenai apa dan bagaimana tugas dari seorang Sekdes.

“Sebab, kalau orang yang kita ambil itu tidak mengetahui situasi di desa, bukannya bisa membantu tugas Kepala Desa, namun nantinya malah jadi beban bagi Kepala Desa. Makanya kami memintanya dari Kantor Kecamatan, kebetulan ada orang yang tepat dan mau menduduki jabatan Sekdes di desa kami. Mengenai siapa orangnya, nanti juga tahu, sekarang belum saatnya dipublikasikan,” tuturnya.

Diakui Bakin, jabatan Sekdes memang tidak begitu diminati seperti jabatan Sekretaris Kelurahan (Seklur), lantaran tugas yang diemban tidak sebanding dengan tunjangan penghasilannya.

Jabatan Sekdes hanya setingkat staf, padahal tugas dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan Seklur. Sementara jabatan Seklur mempunyai kedudukan eselonering dan memiliki tunjangan jabatan.

Selain itu, meski ada pegawai di kecamatan atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kemampuan dan berprilaku baik, serta siap menjabat Sekdes, namun pihak kecamatan atau OPD selalu mempertahankan pegawai tersebut.

Menurut Bakin, permasalahan seperti itu yang mengakibatkan kekosongan jabatan Sekdes di Desa Neglasari berlangsung cukup lama, yaitu sekitar tiga bulan.

“Namun, meski jabatan Sekdes kosong, tapi kinerja kesekretariatan di desa tidak terganggu, lantaran kami selalu bekerja saling mengisi. Jadi selama ini tidak ada masalah atau kendala dalam menangani roda pemerintahan di desa kami,” pungkasnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply