Khawatir Ambruk, 4 Lokal Kelas SDN 1 Pamalayan Ditopang Kayu

07/04/2011 0 Comments

Kondisi Ruangan Kelas di SDN 1 Pamalayan yang memprihatinkan. Sebagian ruangan terpaksa harus dipasang tiang penyangga. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Empat lokal kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pamalayan Kecamatan Cijeungjing kondisinya memprihatinkan. Sebagian besar ruangan ditopang dengan kayu tambahan (tiang), karena kondisinya yang hampir ambruk.

Kepala SDN 1 Pamalayan, Maman Hilmanudin, S.Ag., ketika ditemui HR, Minggu lalu, di ruang kerjanya, mengatakan, ajuan perbaikan keempat lokal ruangan kelas tersebut sudah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kab. Ciamis.

Sayangnya, hingga kini Disdik Kab. Ciamis belum memberikan respon terhadap kondisi yang dialami sekolahnya itu. Bahkan, sementara ini kelas tersebut terpaksa masih digunakan, lantaran tidak tersedianya ruangan alternatif.

Maman menjelaskan, ruangan tersebut, kini ditempati oleh siswa kelas 4, 5, dan 6. Sementara ruangan kelas 4 digunakan secara paralel, mengingat jumlah siswanya cukup banyak, yakni mencapai 38 orang.

Dia menambahkan, kondisi ruangan sekolah lebih memprihatinkan disaat hujan turun. Hampir semua atap mengalami kebocoran, para murid terpaksa mencari posisi agar terhindari dari guyuran air hujan tersebut.

Bahkan sesekali, jika hujan lebat dibarengi angin kencang, pihak sekolah terpaksa menghentikan kegiatan pembelajaran. Hal itu dilakukan karena khawatir ruangan yang sedang digunakan siswa malah roboh.

Maman mengharapkan Pemkab. Ciamis dan Disdik merencanakan anggaran perbaikan bagi sekolahnya.

“Kami berharap perbaikan ruangan belajar segera dilakukan. Syukur-syukur bisa ditambah juga dengan perpustakaan dan ruangan UKS. Semuanya demi meningkatkan pendidikan ke arah yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, siswa kelas 6 SDN 1 Pamalayan, Rika Dwi Lestari, mengatakan, dirinya sering panik disaat hujan lebat dan angin kencang. Rika juga berharap, agar kondisi sekolahnya bisa kembali normal. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!