LPK Linna; Utamakan Kursus Jahit Pakaian Wanita dan Anak

07/04/2011 0 Comments

Peserta kursus di LPK Ninna sedang mengikuti evaluasi ujian nasional menjahit. Foto : Hendaya/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Lembaga Pendidikan Kursus (LPK) Linna yang berlokasi di Jalan Kawali, Nomor 216, atau tepatnya depan Pom Bensin Kawali, adalah salah satu sarana kursus Menjahit Pakaian Wanita dan Anak (MPWA).

Dengan mengatongi izin dari Dinas Pendidikan sejak tahun 2009-2012, LPK Linna menyelenggarakan praktek tingkat dasar terampil dan mahir.

Perintis LPK Linna, Hj. Aisyah Henariah, mengatakan, lembaga tersebut telah dirintis sejak tahun 1975, namun mulai diakui pemerintah tahun 1982. Dan, pada tahun 1987, staf bidang Diknas Jawa Barat melakukan monitoring terhadap LPK Linna.

“Sampai saat ini kami sudah mengikuti pelatihan 21 kali yang diselenggarakan oleh Diknas dan Dinas Tenaga Kerja. Kami juga memberikan peluang kepada lulusan LPK Linna untuk disalurkan bekerja di pabrik garmen yang ada di wilayah Bandung, Sukabumi, dan Bogor,” terangnya, Kamis (31/3).

Lebih lanjut dia menjelaskan, peserta kursus ada yang berasal dari daerah Buniseuri, Kawali, Panawangan, Rajadesa dan Panjalu. Mereka memiliki jenjang pendidikan SLTP dan SLTA. Semua peserta dipandu oleh instruktur, diantaranya Enceng Sukmana, Iis, Unang, serta Lusy Lutsiana, ST.

Hj. Aisyah berharap, dengan adanya LPK Linna, pihaknya dapat memajukan masyarakat yang tidak mampu dan putus sekolah, sehingga mereka bisa hidup mandiri, sejahtera, dan tidak tergantung lagi pada orang tua.

Sementara itu Enceng Sukmana menambahkan, dalam memberikan materi, teori maupun praktek, para instruktur merasa nyaman dan mudah dalam melakukan bimbingan kepada para peserta.

Sedangkan Yati (16), salah seorang peserta kursus asal Buniseuri, mengaku, setelah mengikuti kursus di LPK Linna selama 5 bulan, dirinya kini sudah lancar menjahit pakaian wanita dan anak.

“Insya Allah saya akan buka praktek di rumah, dan sekarang di LPK ini saya bukan lagi peserta kursus, melainkan asisten. Kepercayaan ini berkat saya telah mengikuti kursus di LPK Linna,” katanya. (Hendaya)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply