Peserta KB di Langensari Tertinggi Capai 1.839 Jiwa

21/04/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pencapaian program Keluarga Berencana (KB) di Kota Banjar sepanjang dua tahun belakangan ini cukup menggembirakan. Pasalnya, pencapaian itu berhubungan langsung dengan laju pertumbuhan penduduk, dan kesejahteraan masyarakat.

“Upaya untuk keberhasilan Program KB dilakukan secara terus menerus. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas, dan jumlah peserta KB di Kota Banjar,” kata Nurjanah, Sekretaris Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Banjar, Selasa (19/4).

Berdasarkan data yang dihimpun HR, untuk tahun 2009 jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) mencapai 31.944 jiwa. Dan perkiraan Permintaan Masyarakat Akseptor Baru (PPM AB) atau target mencapai 6.596 jiwa.

Dari jumlah tersebut, Kecamatan Langensari, merupakan wilayah dengan peserta KB terbanyak, yakni mencapai 1.839 jiwa. Sedangkan Kec. Pataruman sebanyak 1.825 jiwa, Kec. Banjar  897 jiwa dan Kec. Purwaharja mencapai 729 peserta KB.

“Program KB pada tahun 2009 melebihi target, yakni jika dipersentasikan mencapai 100,8 persen,” katanya.

Sementara itu, sesuai dengan PPM AB tahun 2010, program KB ditargetkan bagi 6.596 jiwa, dari total jumlah PUS sebanyak 32.105 jiwa. Dan pencapaian program KB tahun 2010 yang ditargetkan hanya mencapai 97,6 persen.

“PUS di Kota Banjar sudah menjadi akseptor KB aktif. Dan jenis alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan antara lain Implant, IUD, MOP, MOW, Pil, Kondom dan suntik,” imbuhnya.

Nurjanah juga berharap, masyarakat Kota Banjar lebih berperan dalam berbagai program keluarga sejahtera. Tidak hanya bagi ibu-ibu saja, tapi juga partisipasi suami dalam mendukung program KB melalui berbagai kegiatan yang dilakukan BKBPP. (dn)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply