SDN 1 Mekarjadi Butuh RKB untuk Kelas Jauh

14/04/2011 0 Comments

Nampak bangunan Kelas jauh SDN 1 Mekarjadi. Jumlah ruang yang terbatas tidak menyurutkan semangat pendidikan di wilayah tersebut. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri  (SDN) 1 Mekarjadi, Kec. Sadananya, saat ini membutuhkan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk kelas jauh yang terletak di Dusun Sedekan, Desa Mekarjadi, mengingat proses belajar mengajar sudah berjalan selama empat tahun.

Kepala SDN 1 Mekarjadi, Caca Herawan, SIP., Selasa (12/4), mengatakan, sekolahnya terpaksa harus membuka kelas jauh, karena hingga kini di wilayah Desa Mekarjadi hanya ada satu sekolah.

Jumlah peserta didik di sekolah tersebut mencapai 385 orang, bahkan untuk sekolah induk, ada 4 kelas yang diparalelkan. Menurut Caca, pihaknya sudah mengusulkan kepada pemerintah sejak tahun 2007 mengenai kebutuhan RKB, tapi sampai saat ini belum juga ada realisasinya.

Agar proses belajar mengajar tetap berjalan, untuk sementara kelas jauh menempati bangunan dusun, Madrasah Diniyah (MD), dan dua lokal bangunan hasil swadaya masyarakat sekitar.

Meski baru sampai kelas empat, namun jumlah rombongan belajarnya (rombel) mencapai 7 rombel, dan ada tiga kelas yang diparalelkan. Caca berharap, dengan adanya sarana prasarana bagi kelas jauh, gairah belajar para peserta didik akan terus meningkat dan bisa termotifasi.

“Dibukanya kelas jauh karena sudah ada izin operasional dari sekolah, dan itu atas dasar keinginan masyarakat setempat. Kita sekarang hanya tinggal menunggu realisasi dari pemerintah, karena untuk lahan sudah ada dari desa, yaitu Tanah Lungguh, yang luasnya mencapai 2000 meter persegi,” terang Caca.

Dalam rangka mensukseskan pendidikan, pihak sekolah terus berusaha melaksanakan program pemerintah, supaya nanti bisa menghasilkan anak bangsa yang cerdas dan berkualitas, serta berakhlak mulia.

“Mudah-mudahan apa yang dibutuhkan sekolah bisa segera diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis, karena hal itu demi kelancaran proses belajar mengajar, dan mensukseskan program pemerintah,” harapnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!