Ulat Bulu Mulai Hantui Warga Banjarsari

21/04/2011 0 Comments

Banjarsari, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Sukahurip, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, mulai mengkhawatirkan keberadaan ulat bulu yang saat ini mulai terlihat menyerang beberapa tanaman miliknya.

Keberadaan ulat bulu diketahui warga sekitar pada hari Selasa (19/4), di salah satu pohon kenanga yang bagian daunnya telah habis dilahap ulat bulu. Menurut warga, ulat bulu juga sempat menyebar di bagian atap rumah yang lokasinya berdekatan dengan pohon kenanga. Sedangkan, penyebarannya terjadi akibat tiupan angin.

Mae (67), salah seorang warga, mengatakan, keberadaan ulat bulu sangat menghawatirkan dirinya serta warga sekitar. Dia takut jika ulat bulu itu terus berkembang biak dan menyebar luas seperti di daerah lain.

Sementara itu, Kepala BP3K Kec. Banjarsari, Djayusman, S.P., ketika dimintai tanggapan melalui telepon selularnya, mengatakan, upaya untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran ulat bulu di wilayah tersebut, pihaknya telah melakukan penyemprotan insektisida pada pohon yang dipenuhi ulat bulu.

“Penyemprotan dilakukan bersama pihak kecamatan dan masyarakat warga Desa Sukahurip. Kami juga telah melaporkan kejadian ini kepada Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, supaya ada tindakan pencegahan selanjutnya,” terangnya.

Ditemui di tempat terpisah, Camat Banjarsari, Drs. Yayat, membenarkan mengenai adanya serangan ulat bulu di wilayah Dusun Sukahurip, Desa Sukasari. Bahkan, pihaknya sudah melaporkan kepada Pemkab. Ciamis.

“Tapi saya juga bersyukur, karena sampai saat ini kami belum mendengar keluhan dari masyarakat terkait bahaya ulat bulu tersebut,” katanya. (Amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!