Dinkes Agendakan Penyuluhan Kusta di 36 Kecamatan

20/05/2011 0 Comments

Panumbangan, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kab. Ciamis berencana menggelar penyuluhan tentang penyakit kusta bagi masyarakat di 36 kecamatan se-kab. Ciamis. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penanggulangan kusta.

Hal itu disampaikan Kadinkes, Dendy Rahayu, didampingi Kasie P4B, Osep Harnandi, ketika ditemui HR, Sabtu (14/5) seusai penyuluhan penyakit kusta di Kec Panumbangan.

“Dengan penyuluhan ini, kami berharap masyarakat yang selama ini menganggap penyakit kusta sebagai kutukan, untuk tidak lagi takut. Soalnya, penyakit kusta juga bisa disembuhkan,” kata Dendy.

Osep menambahkan, banyak kasus terjadi, masyarakat enggan melaporkan kepada pemerintah tentang adanya penderita kusta. Keengganan tersebut menghambat penderita untuk mendapatkan pengobatan.

Kepada HR, Osep mengungkapkan harapannya, agar masyarakat di Kab. Ciamis dapat menjalin kerjasama dengan Dinkes Ciamis, untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran penyakit kusta.

Sementara itu, Anggota DPRD Ciamis, dari F-PDI, Ohan Hidayat, menilai kegiatan tersebut cukup membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Untuk itu, Ohan juga berharap, penyakit kusta bisa diantisipasi sedini mungkin agar tidak menjadi penyakit yang dipercaya sebagai kutukan. (eli)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply