Jambu Getas Al-barokah Raih Gelar terbaik ke-2 Nasional

20/05/2011 0 Comments

Cijeungjing, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Koptan) Al-barokah di Dusun Cijantung Desa Dewasari Kec Cijeungjing meraih predikat juara 2 Koptan Pengembang Jambu Getas terbaik tingkat Nasional tahun 2010 lalu.

Padahal, Koptan ini baru mengembangkan jambu getas selama 2 tahun. Saat ini, lahan yang dimiliki Koptan Al-barokah seluas 2 hektar, berada di Desa Dewasari dan Kertabumi Cijeungjing.

Ketua Koptan Al-barokah, Ny. Hj. Syarief, ketika ditemui HR, Minggu lalu, mengatakan, pihaknya mampu membudidayakan jambu getas hingga berat 1 kilogram perbuah.

Hj. Syarief menjelaskan, gelar dari Kementrian Departemen Pertanian RI Tahun 2010 ini, akan dijadikan motivasi petani jambu Getas di Kab Ciamis lainnya, agar mau membudidayakan Jambu yang berkhasiat sebagai penyembuh DBD (Demam Berdarah Dengue).

Menurut Hj. Sarief, Jambu Getas sangat diminati pasaran, malah pihaknya sudah melakukan kontrak dengan buyer dari wilayah Bandung. Lebih lanjut, dia menerangkan, dengan harga bibit  perpohon Rp. 25 ribu, dan harga jual mencapai Rp 3 ribu perkilo.

“Di luar panen raya, harga jambu getas bisa mencapai Rp 5 ribu perkilo. Sudah tentu, jika produksi jambu getas banyak, maka berapa jumlah keuntungan yang akan didapat petani. Dan keuntungan ini, sangat menggiurkan bagi para petani,” katanya.

Lebih lanjut, Hj. Syarief menambahkan, perawatan Jambu Getas tidaklah rumit. Cukup dengan bantuan tali rapia, supaya batang tumbuh melebar, Jambu Getas bisa ditanam dimana saja, termasuk di pekarangan rumah.

Pada umumnya, 1 pohon jambu getas, bisa menghasilkan buah sebanyak 500 buah setiap kali panen. Saat ini, budidaya jambu getas yang dimiliki Koptan Al-barokah di Desa Dewa Sari, kerap dimanfaatkan Siswa SMK Yapidatek sebagai tempat ekstrakurikuler bidang pertanian dan pemasaran.

Hj Syarief mengaku, sebagian keuntungan dari penjualan jambu getas disisihkanna untuk anak-anak Panti Asuhan Al-Hidayah.

Sementara itu, Anggota Komisi B DRPD Prp Jabar, Bidang Pertanian Perkebunan dan Peternakan, dari F-Partai Golkar, H. E. Kusnadi, SH., mengatakan, pihaknya sudah menggelontorkan bantuan dana sebesar Rp. 250 juta untuk petani jambu getas di kab. Ciamis, yang dibagikan ke 5 Koptan jambu getas. Diantaranya tersebar di beberapa wilayah meliputi, Kec Cijeunjing dan Panawangan. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!