Koptan Ikan Minta Penyuluhan, DKP Siap asal “Disurati”

13/05/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah Kelompok Tani {Koptan} Ikan di Kab. Ciamis menantikan penyuluhan dari Dinas Kelautan dan Perikanan {DKP} Kab. Ciamis. Pasalnya, banyak diantara Koptan ikan yang masih terkendala pemahaman tata cara budidaya ikan yang baik.

Nur Muttaqin, seorang angggota Koptan Ikan di Kab Ciamis, ketika ditemui HR, Minggu {8/5} mengatakan, pihaknya masih memerlukan bantuan dari pihak DKP, untuk mensosialisasikan bagaimana membudidayakan ikan dengan benar.

Menurut Muttaqin, dirinya menemukan sejumlah kejadian yang dialami anggota lainnya, seperti kejadian banyaknya ikan yang mati. Dia menilai, Penyuluh Pertanian Lapangan {PPL}, belum maksimal dalam memberikan pengawasan dan pemantauan terhadap para anggota Poktan.

Apalagi, lanjut Muttaqin, cuaca akhir-akhir ini sedang tidak menentu. Kondisi pancaroba dan tidak menentunya iklim mempengaruhi kondisi ikan. Untuk itu, Muttaqin mengaku akan menunggu langkah DKP dan PPL untuk mengatasi masalah yang dialami anggota Poktan.

Sementara itu, Sekertaris DKP Kab. Ciamis, Sutriaman, bersama Kabid Budidaya, Jahrudin, menjelaskan, pelaksanaan penyuluhan bagi anggota kelompok dilakukan oleh tim dari BP4K.

Menurut Jahrudin, BP4K memiliki kewenangan untuk melaksanakan penyuluhan kepada kelompok, baik pertanian maupun perikanan. Jahrudin menegaskan, pihaknya siap seandainya anggota kelompok meminta dilakukannya penyuluhan.

Hanya saja, Jahrudin berharap, kelompok terlebih dahulu melayangkan surat ajuan pelaksanaan penyuluhan, agar pihaknya bisa menjadwalkan kegiatan tersebut. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply