Masyarakat Miskin Dibimbing Usaha

28/05/2011 0 Comments

Dinsosnaker hanya fasilitasi peralatan dan sarana usaha

Banjar, (harapanrakyat.com),- Upaya untuk memberdayakan masyarakat miskin agar bisa hidup layak dan dapat meningkatkan perekonomiannya, Bidang Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, mengadakan bimbingan usaha kepada masyarakat miskin.

Menurut Kabid. Sosial Dinsosnaker Kota Banjar, Kokom Komala, A.Ks., Selasa (24/5), bahwa bimbingan tersebut saat ini baru dilaksanakan di Desa Muktisari, Kec. Langensari, pada bulan April 2011.

“Dan sasaran kami yaitu janda tunawisma. Sebelumnya kami kumpulkan orang-orang tersebut, kemudian baru diadakan bimbingan serta dialog mengenai usaha apa yang layak dan sudah biasa mereka tekuni, tapi mengalami kemunduran. Nah di sini kami kasih arahan supaya bisa berjalan lagi,” jelasnya.

Lanjut dia, bagi yang belum punya kegiatan sama sekali, pihaknya memberdayakan mereka agar bisa mendapatkan penghasilan. Namun, terlebih dahulu menanyakan kesiapan dan usaha apa yang mau mereka jalani.

Setelah diadakan bimbingan, maka akan dibentuk kelompok. Satu kelompoknya beranggotakan 5 orang. Masing-masing kelompok nantinya membuat proposal yang diajukan kepada bidang sosial.

“Supaya bantuan tepat sasaran, maka kami akan memfasilitasi kebutuhan kelompok tersebut berupa peralatan dan sarana usaha, bukan berupa uang,” kata Kokom.

Bantuan tersebut tujuannya untuk memberdayakan serta meningkatkan agar perekonomian atau penghasilannya masyarakat miskin ada peningkatan. Dengan begitu lambat laun mereka bisa hidup layak dan merasakan ada perubahan dalam hidupnya.

Kedepannya, kalau sudah terbentuk kelompok dan anggotanya sejahtera, rencananya akan diadakan iuran kesetiakawanan sosial (IKS). Kelompok yang sukses harus menyisihkan dari hasil usaha mereka sebesar 5 % untuk ditabungkan.

“Dari yang 5 % itu sendiri kegunaannya bisa digunakan bagi kesejahteraan kelompok, lebih luas lagi nantinya bisa bergulir untuk membentuk kelompok lagi. Memang menjadi kelompok yang handal tidak lah mudah, harus memerlukan keuletan dan kerja keras,” pungkasnya. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!