Penderita Thalsemia Ciamis Butuhkan 200 labu Darah Gol AB

13/05/2011 Berita Ciamis
Penderita Thalsemia Ciamis Butuhkan 200 labu Darah Gol AB

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sedikitnya 200 labu darah golongan AB dibutuhkan oleh penderita Thalasemia di Kab. Ciamis. Golongan AB ini, dinilai sangat sulit didapat, apalagi jika kebutuhan terhadap darah ini meningkat.

Ketua Persatuan Orang tua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) Cabang Ciamis,  Nia Suniarti, Am.,Keb, Senin (9/5), mengatakan, jumlah penderita Thalaemia di Kab. Ciamis mencapai 117 orang. Menurut Nia, Klinik Thalasemia di RSUD Ciamis menjadi rumah kedua bagi penderita.

Nia meminta agar penderita Thalasemia tidak merasa minder, ketika bergaul dengan teman sejawat, terutama di sekolah. Sebaliknya, penderita thalasemia harus membuktikan bahwa penyakit bukan sebuah halangan untuk bergaul apalagi bersaing dalam mencapai prestasi.

Pada kesempatan itu, Nia mengungkapkan, agar pemerintah serius dalam menangani thalasemia. Keseriusan itu bisa ditunjukkan dengan melakukan donor darah secara sukarela. Nia menambahkan, pihaknya saat ini membutuhkan hampir 200 labu golongan AB.

Dalam rangka hari Talasemia Se-Dunia, Bupati Ciamis, H. Engkon Komara, dan Ketua Tim penggerak PKK Hj. Tri Astuti Komara, mengunjungi penderita Thalasemia di klinik Thalasemia Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Senin (9/5).

H. Engkon Komara, dalam kunjungannya, mengungkapkan keperihatinannya terhadap penderita thalasemia. Pasalnya, hampir setiap bulan, para penderita harus melakukan tranfusi darah secara rutin.

Dalam kesempatan tersebut, Engkon juga memberikan bingkisan bagi penderita thalasemia yang sedang menjalani Transfusi di klinik RSUD Ciamis. Engkon berharap, anggota keluarga terus memberikan semangat bagi penderita thalasemia. (DSW)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles