Pengembangan Usaha Aren di Panjalu Tersendat Permodalan

20/05/2011 0 Comments

Anggota Kelompok Alam Lestari saat berada di Area Pembibitan dan Penyemaian Aren di Desa Kertamandala Panjalu. Foto : Eji Darsono/HR.

Panjalu, (harapanrakyat.com),- Kelompok pengembangan Usaha Tani Alam Lestari Dusun Kertabraya Desa Kertamandala melakukan pembibitan dan penyemaian tanaman aren di areal kebun seluas 100 bata. Pembibitan itu sudah berjalan sejak tahun 2009, melalui dana swadaya kelompok.

Ketua Kelompok, A Golo Koswara, Senin (16/5) mengatakan, gagasan pembibitan dan penyemaian aren yang dilakukan pihaknya merupakan percontohan bagi para petani di wilayah Kertamandala Panjalu. Dia beralasan, hingga kini, belum ada petani lain yang melakukan hal itu.

Golo juga mengaku, bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Kepres No. 24 Tahun 2008 tentang hari menanam pohon se-Indonesia, sekaligus menjalankan himbauan presiden melalui Surat Menteri Kehutanan RI Nomor S.86/Menhut-V/2009.

Dia berharap, kegiatan itu dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menyukseskan gerakan One man One Tree. Tujuan lainnya, kata Golo, meningkatkan kwalitas air tanah di wilayah tersebut.

Menurutnya, semakin banyak air terserap dalam tanah, artinya banyak kesempatan untuk memperbaiki kwalitas dan kuantitas air tanah, serta mengurangi erosi di lahan miring.

Pada kesempatan itu juga Golo mengaku pembibitan yang dilakukan kelompok Lestari Alam belum sampai ke tingkat produksi, lantaran tersendatnya permodalan.

Sekretaris Kelompok Alam Lesatari, Maman, mengungkapkan keinginannya agar pembibitan dan penyemaian aren bisa berlanjut terhadap pengembangan usaha gula aren di masyarakat Kertamandala.

Bendahara Kelompok, Acep Hermawan, juga mengharapkan perhatian Pemkab. Ciamis untuk pengembangan Kelompok Alam Lestari. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!