Prasasti Pembentukan Kota Banjar Tersimpan Dibelakang Lemari Bagian Umum

28/05/2011 0 Comments

Prasasti pengesahan lahirnya Kota Banjar yang lama tersimpan di Bagian Umum Setda Kota Banjar. Foto : Adi Karyanto/HR.

Pemasangan direncanakan di halaman pendopo

Banjar, (harapanrakyat.com),- Misteri keberadaan prasasti paling bersejarah lahirnya Kota Banjar kini terkuak sudah. Sebelumnya ramai diberitakan bahwa prasasti pengesahan lahirnya  Kota Banjar yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri DR (Hc) Hari  Sabarno, S.IP. M.BA, MM pada tanggal 21 Februari 2003, itu ‘menghilang’.

Namun, setelah ditelusuri HR, ternyata prasasti tersebut ‘diamankan’ Bagian Umum Setda Kota Banjar. Menurut salah seorang staf di Bagian Umum, saksi bisu sejarah pembentukan Kota Banjar tersimpan lama di belakang lemari yang ada di ruangan Bagian Umum Setda Kota Banjar.

“Maunya sih dipasang cepat-cepat, tapi menunggu instruksi dari atasan. Kalau inisiatif sendiri, nanti takut disalahkan,” ujarnya kepada HR beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kota Banjar, H. Edi Herdianto, S.Sos., saat ditemui mengaku, dirinya tidak mengetahui keberadaan prasasti tersebut. Pasalnya, saat pindah ke Bagian Umum, Kabag yang lama tidak memberitahu. “Saya tahu malah dari salah satu staf di umum. Katanya ada wartawan yang mencari keberadaan prasasti pembentukan Kota Banjar,” ujarnya, Senin (23/5).

Edi menambahkan, memang prasasti itu sebagai bukti sejarah lahirnya Kota Banjar, sehingga sangat penting dan harus segera dipasang di tempat strategis yang bisa dengan mudah dilihat oleh masyarakat.

Ditemui di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Kota Banjar, drh. H. Yayat Supriyatna, tidak mengetahui kalau keberadaan prasasti sudah lama disimpan di Bagian Umum. “Saya baru tahu sekarang ini malah,” ucapnya singkat.

Namun, ironisnya Yayat malah sudah mendapat instruksi dari Walikota Banjar tentang pemasangan prasasti tersebut. Menurut penjelasan Yayat, pemasangan prasasti rencananya akan di pasang di halaman Pendopo Kota Banjar. Sedangkan mengenai kapan waktunya, sampai saat ini belum ditentukan. (Adi)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply