Warga Kawali Pertanyakan Penataan Situ Wangi

13/05/2011 1 Comment

Kawali, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Dusun Hayawang Desa Winduraja Kec. Kawali Kab. Ciamis kembali mempertanyakan rencana penataan Situ Wangi yang dijanjikan Bupati Ciamis untuk ditata sebagai obyek wisata. Pasalnya, hingga saat ini rencana tersebut terkesan hanya sebatas wacana.

Ade Rudi, warga Desa Winduraja, ketika ditemu HR, Minggu (8/5),menjelaskan, keberadan situ wangi merupakan salah satu tempat yang bagus apabila ditata menjadi obyek wisata untuk wilayah Ciamis Utara.

“Janji Pak Bupati untuk menata tempat tersebut pernah dilontarkan pada tahun 2007 ketika berkunjung ke Kawali. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan dan bagaimana wilayah Situ Wangi akan ditata sebagai obyek wisata,”ungkapnya.

Ade melanjutkan, apabila daerah situ wangi segera ditata oleh pemeritah kab ciamis tentunya tambahan PAD dari obyek wisata bisa bertambah selain dari wilayah ciamis selatan namun hingga kini malah tetap tidak mendapt perhatian.

Dia menambahkan, di wilayah Ciamis Utara sebenarnya banyak potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai daerah wisata. Tinggal bagaimana niat Pemkab dapat mengembangkan potensi tersebut. Pengembangan potensi itu pun sebagai persiapan manakala wilayah Ciamis Selatan yang saat ini dominan memiliki banyak tempat wisata, berpisah dari Kabupaten Ciamis dan membentuk daerah otonom baru.

“Kami sebagai warga sangat mengharapkan Pemkab segera melakukan penataan Situ Wangi. Karena jika daerah itu sudah menjadi tempat wisata, dipastikan akan berimbas positif terhadap perekonomian warga sekitar dan dapat menjadi penghasilan untuk PAD Kabupaten Ciamis,”ungkapnya

Hal senada juga diungkapkan Anggota DPRD Ciamis asal Kawali, Dadang Kusmayadi. Dia menyayangkan apabila wilayah tersebut tidak segera dilakukan penataan oleh Pemkab Ciamis.

“Masyarakat Kawali sangat berharap keberadaan Situ Wangi tidak dibiarkan dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat obyek wisata alam. Karena Situ Wangi terbentuk secara alami dan bisa sebagai aset berharga yang dimiliki Ciamis,”katanya

Menurut Dadang, jika rencana penaataan Situ Wangi hanya sebagai wacana,  dirinya bersama warga Kawali akan terus menagih janji Bupati Ciamis yang akan merencanakan penataan daerah tersebut sebagai tempat objek wisata.

“Tahun 2009 kan sudah direncanakan sudah rampung, tetapi hingga saat ini masih belum ada realisasinya. Warga Kawali akan terus menagih janji Bupati sebelum rencana itu terealisasi,”katanya.

Dadang juga mengatakan seharusnya penataan wilayah Ciamis Utara sudah dimulai dari sekarang, mulai dari penataan tempat wisata yang sudah ada, juga perbaikan sarana infrastuktur jalan diperbaiki. “ Karena sebagian besar potensi ekonomi sebagai simber PAD kebanyakan di wilayah Ciamis Selatan. Makanya, sebelum Ciamis Selatan berpisah, potensi wisata di Ciamis Utara harus digali dari sekarang,”pungkasnya (es)

About author

Related articles

1 Comment

  1. eva October 21, at 14:34

    maju terus urang hayawang,,khususna masyarakat situwangi,,semoga menjadi daerah maju bukan menjadi daerah yang selama ini terisolir,, :) saatnya kita harus menyelaraskan visi,dan pemeliharaan alam demi kemajuan daerah kita :) *bravooo

    Reply

Leave a Reply