Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah Membusuk

13/05/2011 0 Comments

Akiibar Dari Pengolahan Sampah Di TPA Cibeurem Sempat Terhenti

Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga yang rumahnya berada di sekitar lokasi Tempat Pembuanagan Akhir (TPA) Cibeureum, Dusun Babakan, Desa Cibeureum, Kec. Banjar, mengeluhkan aroma tak sedap dari sampah yang telah menumpuk di lokasi tersebut.

Diduga, menumpuknya sampah terjadi akibat sistem pengolahan persampahan secara sanitary landfeel tidak berjalan sesuai rencana, sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan.

Padahal, fungsi dari adanya TPA bukan hanya sekedar menjadi tempat pembuangan akhir saja, tapi juga sebagai tempat pengolahan. Sehingga, volume sampah di TPA tidak akan menumpuk, serta sampah organik dan anorganik dapat diolah menjadi pupuk. Sedangkan sampah jenis B3 akan dihancurkan.

“Sudah sejak lama sampah di TPA ini dibiarkan menumpuk, biasanya kan begitu datang mobil pengangkut sampah itu langsung dilakukan penggilingan dengan menggunakan beko, jadi tidak menimbulkan bau. Tapi beberapa minggu terakhir ini kelihatannya sampah-sampah yang ada tidak digiling, atau diratakan, akhirnya menimbulkan bau,” tutur Ujang, salah seorang warga, Jum’at (6/5).

Kalau hal itu dibiarkan berlarut-larut, lanjutnya, berarti TPA hanya berfungsi sebagai tempat pembuangan saja, bukan pengolahan. Untuk itu, warga berharap pihak Dinas Kebersihan segera melakukan penggilingan terhadap sampah-sampah yang telah menumpuk.

Lantaran, selain menimbulkan bau tak sedap, warga juga khawatir pembuangan air dari resapan sampah akan mencemari Sungai Citanduy, karena masih ada warga yang memanfaatkan air sungai untuk keperluan MCK (mandi, cuci, kakus).

Menurut salah seorang warga yang namanya enggan dikorankan mengatakan, dirinya pernah beberapa kali menyampaikan keluhan masyarakat kepada petugas TPA mengenai bau sampah.

“Karena keluhan kami tidak didengar terus, maka pada saat itu kami juga sempat  menyuarakan keluhan-keluhan tersebut kepada salah satu media cetak. Tapi pemberitaannya tidak sampai tuntas, dan masalah pun tidak selesai-selesai sampai sekarang,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mengkonfirmasikan permasalan tersebut kepada Bagian Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Lingkungan Hidup (DKPLH) Kota Banjar, namun pejabat terkait sedang tidak di tempat.

Kemudian, berdasarkan pantauan HR di lokasi TPA Cibeureum, Senin (9/5), terlihat petugas di TPA sudah mulai lagi melakukan penggilingan/meratakan tumpukan sampah.

Sehingga, tidak lagi terjadi tumpukan sampah yang sebelumnya dikeluhkan warga karena menimbulkan aroma bau tak sedap di lingkungan mereka. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply