“Partai Politik Sebagai Pilar Demokratisasi” (2)

09/06/2011 0 Comments

Tidak berlebihan jika partai politik mulai melakukan pendidikan politik dari mulai saat ini, sebab hal ini akan berimbas pada eksistensi partai politik dimasa yang akan datang.

Rohani, S.IP

Yang keempat adalah fungsi partai politik dalam memanage konflik (menjaga kondusifitas partai politik). Dalam UU tentang partai politik sebelum direvisi tidak memuat adanya mahkamah partai politik di internal partai politik masing – masing untuk menyelesaikan segala bentuk konflik yang terjadi di internal partai politik bersangkutan. Untuk eksistensi mahkamah partai politik, maka partai politik wajib memasukkan tata cara pembentukan, pemberhentian dan penyelesaian konflik dalam mahkamah partai politik serta tertuang dalam AD/ART partai politik yang bersangkutan. Esensi dari keberadaan mahkamah partai politik ini dibutuhkan guna mengeliminasi masalah internal partai politik agar tidak meluas dan menjadi konsumsi public. Mahkamah partai politik sendiri merupakan elemen penguat dan perekat yang memungkinkan bagi partai politik untuk lebih mandiri, dan bertanggung jawab terhadap segala bentuk perbedaan pendapat yang seringkali timbul antar sesama anggota dalam satu partai politik.

Menilik dari roh yang terkandung didalam UU NO.2 tahun 2011 tentang Partai Politik, pesan yang ingin disampaikan adalah, secara institusi partai politik lebih ditingkatkan, lebih dikuatkan posisinya, mengalami peningkatan secara kualitas yang luar biasa. Sedangkan sebagai pilar demokratisasi, partai politik dengan sendirinya akan mengalami penurunan kuantitas (jumlah) yang luar biasa pula. Hal mana masyarakat dapat memilah dan memilih partai politik yang tidak berkualitas, akan serta merta ditinggalkan, hal ini berdampak pada kuantitas (jumlah) partai politik yang eksis dan sebaliknya, partai politik yang secara perlahan namun pasti menguatkan peran dan fungsinya (kualitas), maka akan terus dicintai dan bertambah konstituen-nya (baca:pengikut)

Pengirim : Rohani, S.IP. Dosen STISIP Bina Putera Banjar dan anggota KPU Kota Banjar, tinggal di Kota Banjar

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply