Tupai dan Celemes Menyerang, Petani Coklat Merugi

09/06/2011 0 Comments

Seekor Tupai yang menyerang tanaman coklat di perkebunan milik Kelompok Patimu Mekarjaya. Tupai tersebut telah merugikan petani. Foto : Eji Darsono/HR.

Rajadesa, (harapanrakyat.com),- Sejumlah tanaman coklat milik kelompok Tani Patimu Mekar Jaya Desa Handapraja Kecamatan Rajadesa diserang hama Tupai dan celemes. Buah coklat di perkebunan tersebut sebagian besar habis dilahap, meski buah coklat masih muda.

Hj. Eti Suryati, petani coklat di dusun Mekarjaya, beberapa waktu lalu, mengatakan, akhir-akhir ini tanaman coklat miliknya diserang hama tupai dan celemes. Dia mengaku meski tak seleuruhnya, namun tupai dan celemes menyerang hampir dari separuh tanaman.

Menyiasati hal itu, Eti bersama petani coklat lainnya meminta sejumlah pemburu untuk melakukan pembasmian terhadap hama yang menggangu tanaman coklat kepunyaa mereka itu.

Akibat serangan tupai dan celemes, produksi tanaman coklat menjadi menurun drastis. Menurut Edti, biasanya dia bisa mendapatkan biji coklat sebanyak 2 kwintal. Namun, setelah penyerangan tersebut, dia hanya bisa mengantongi biji coklat sebanyak 75 kg saja.

Iwa, warga Desa Andapraja, mengatakan, dari 3 hektar kebun coklat milik koptan Patimu Mekar Jaya, hanya 1 hektar saja yang bisa aman dari serangan hama tersebut.

Kades Andapraja, Carim, mengaku terus memotifasi para petani untuk tetap merawat tanaman coklat milik merka. Dengan begitu, diharapkan hama tupai dan celemes tidak menyebar ke tanaman coklat lainnya. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply