Distan Harus Kerja Keras Tingkatkan Kualitas Petani

28/07/2011 0 Comments

UPT Padi & Ikan harus maksimal hasilkan PAD

Banjar, (harapanrakyat.com),- Profesi masyarakat Kota Banjar didominasi oleh petani. Untuk itu, masyarakat jangan malu menyandang profesi sebagai petani, tapi justru harus bangga. Sebab, dengan adanya petani, sistem perekonomian suatu daerah bisa berjalan.

rs. Rosidin, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar

Hal itu dikatakan Drs. Rosidin, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, Selasa (26/7). Rosidin berharap, petani Kota Banjar jangan ketinggalan oleh petani di daerah lain. Mulai dari semangat bertaninya sampai dengan profesionalisme dalam tata cara bertani.

“Dalam hal ini, yang harus kerja keras untuk meningkatkan kualitas petani adalah Dinas Pertanian Kota Banjar,” kata politisi asal Partai Persatuan Pembangunan.

Momentum Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Kota Banjar tahun 2011, merupakan saat yang tepat untuk menyamakan visi dalam mewujudkan pembangunan sektor pertanian, guna mendukung Kota Banjar menuju agropolitan.

Tetapi, hal itu tentunya dibutuhkan peran serta dari masyarakat, khususnya petani, agar visi tersebut bisa terwujud secepatnya. Dengan demikian, untuk mendukung visi Kota Banjar bisa secepatnya terwujud, maka Pemerintah Kota Banjar harus kerja keras.

Beberapa fasilitas yang telah ada harus dimaksimalkan sesuai dengan peruntukkannya, seperti UPT Balai Benih Padi dan Bibit, serta UPT Balai Benih Ikan.

Karena, untuk membangun kedua UPT tersebut mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu penggunaannya harus benar sesuai dengan fugsinya masing-masing, sehingga mampu mendongkrak PAD yang lebih besar lagi.

Dikatakan Rosidin, Dinas Pertanian Kota Banjar harus lebih proaktif lagi untuk melaksanakan peyuluhan kepada para petani. Tujuannya supaya hasil pertanian masyarakat Kota Banjar berkualitas. Selain itu, Dinas Pertanian juga harus mampu menciptakan ciri khas hasil pertanian dari Kota Banjar.

“Visi Kota Banjar jangan hanya tertulis dan dibacakan saja, akan tetapi harus diaplikasikan dan dinyatakan di dalam kehidupan masyarakat Kota Banjar. Untuk menciptakan semuanya ini, pemerintah dan masyarakat harus kerja keras supaya visi tersebut cepat terwujud,” kata Rosidin. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply