Dua KUBe Raih Penghargaan Tingkat Provinsi

03/07/2011 Berita Banjar
Dua KUBe Raih Penghargaan Tingkat Provinsi

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dua Kelompok Usaha Bersama (KUBe) di Kelurahan Bojongkantong mendapat penghargaan di tingkat Propinsi Jawa Barat (Jabar). Penghargaan tersebut diberikan kepada keduanya karena mendapat predikat sebagai kelompok yang aktif, utuh dan tertib administrasi.

Hal itu disampaikan Kabid Sosial Disosnakertrans, Kokom Komala, Senin (27/6) di ruang kerjanya. Kokom mengatakan, penghargaan diberikan kepada KUBe pembuatan tempe dan ternak domba.

Kokom menjelaskan, pihaknya mengajukan 3 kelompok untuk diberangkatkan ke tingkat propinsi. Namun hanya dua kelompok saja yang berhasil memperoleh penghargaan. Untuk kelompok pembuat tempe memperoleh juara 3, dengan mendapat uang pembinaan sebesar Rp.7 juta. Sementara kelompok ternak domba menjadi juara ke-6 dan memperoleh biaya pembinaan Rp.4 juta.

Lebih jauh, Kokom mengungkapkan, sasaran program KUBe ini, diperuntukkan bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) dan Lanjut Usia (LU). Pada kesempatan di provinsi, keduanya mendapat penghargaan setelah dinilai berhasil menjalankan program yang digulirkan pemerintah tersebut.

Sementara satu kelompok lainnya tidak mendapat penghargaan, karena belum mampu mempresentasikan usaha bersama mereka pada saat diuji oleh panitia. Akibatnya, satu kelompok tersebut gugur dari 10 besar.

Kokom menambahkan, untuk KUBe yang berprestasi, biasanya akan mendapatkan bantuan pengembangan usaha tahap berikutnya. Program KUBe ini, lanjut Kokom dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial para kelompok miskin. Di dalamnya meliputi, terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari, meningkatnya pendapatan keluarga, pendidikan dan derajat kesehatan.

Selain itu, pendekatan program tersebut adalah bagaimana mengembangkan dinamika kehidupan kelompok sosial, seperti pengembangan hubungan yang harmonis, kreatifitas, kebersamaan, kemandirian, dan kesetiakawanan sosial.

Melalui pendekatan ini, diharapkan kelompok sasaran mampu mengali dan memanfaatkan sumber-sumber alam, sosial, ekonomi, dan lingkungan sekitar untuk pengembangan potensi. (deni)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles