Gerombolan Monyet Turun dari Gunung Sawal, Menyerang Ladang Petani

07/07/2011 0 Comments

Monyet gunung Sawal yang menyerang tanaman palawija Di Blok Cigobang Desa Bangbayang Desa Cipaku. Sehingga merugikan petani. Foto : Edji Darsono/HR.

Edji Darsono, S.IP

Keberadaan, kawanan monyet kini kian mengancam ladang petani turun dari Gunung Sawal. Lahan pertanian milik warga blok Cigobang dan Cicau, dusun Bangbayang kidul, Desa Babayangan Kec. Cipaku Kabupaten Ciamis. Gerombolan monyet ini, menggasak tanaman palawija milik masyarakat. Serbuan gerombolan monyet ini, dalam waktu setahun ini memusingkan petani setempat.

***

Brengseknya kawanan monyet, menggasak kebun jagung, singkong bahkan kacang tanah pun tak luput jadi incaran monyet-monyet yang turun dari gunung Sawal. Karena di kawasan itu habitat monyet-monyet itu terganggu. Oleh kegiatan perusakan hutan, yang menebang pohon tidak dengan perhitungan dan tak menanam kembali. Karena habitat monyet-monyet itu terganggu, akibatnya kekurangan makanan langkah akhirnya monyet-monyet itu turun gunung melahap tanaman palawija milik petani.

Sobana petani Bangbayang kidul, sangat dipusingkan oleh gerombolan monyet gunung Sawal. Sampai kehabisan akal, menjaga tanaman singkong di kebunnya. Dalam keterangannya kepada HR pekan lalu. Kegeraman Sobana, kepada gerombolan monyet beralasan karena kebun singkongnya ludes. Yang membuat Sobana, tak kebagian hasil singkong barang selonjor. Aduuh kejam nian monyet-monyet itu.

Untuk melawan gerombolan monyet, Sobana dan warga desanya mengadakan perburuan satwa liar itu. Warga di desa itu hanya bisa gigit jari, karena perburuan tidak berhasil menangkap satu monyet pun. Kebencian terhadap monyet-monyet itu, bukan hanya Sobana dan warga lainnya mengalami kerugian dari hasil bertaninya. Juga Diah tetangga dusun Sobana, menyebutkan monyet-monyet itu sangat kurang ajar bukan hanya tanaman palawija saja yang digasaknya, tapi juga padi dan kelapa tidak dilewatkan monyet-monyet bebal itu.

Gerombolan monyet itu, menggunakan taktik menyerang  dan  lari ke hebitatnya. Membikin Jenal warga Desa Bangbayang mengalami kerugian cukup besar, akibat hasil pertanian dimangsa monyet-monyet kelaparan sebelum hasilnya dipanen. Kepala Desa  Bangbayang Rudi Hendra, pusing bukan kepalang setelah menerima keluhan warganya yang melaporkan kegaganasan monyet-monyet yang turun dari Gunung Sawal merajah hasil tani warga desa Bangbayang. Rudi Hendra, terus berupaya memecahkan masalah monyet-monyet yang menyerang ladang pertanian warganya.

Rudi Hendra berharap bantuan Pemda Ciamis, bagaimana mengatasi dari serbuan gerombolan monyet. Apakah hewan liar pemangsa hasil landang petani, harus dibinasakan saja atau ada cara lain untuk  mengatasinya…..? ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!