Koptan Ternak Unggas Ciamis Ikuti Pelatihan di Balitnak Bogor

28/07/2011 Berita Ciamis
Koptan Ternak Unggas Ciamis Ikuti Pelatihan di Balitnak Bogor

Ir. Nana Supriatna dan Otong Bustomi, SPT., MT dari Dinas Pertanian Ciamis, beserta Peserta pelatihan dan penelitian Kelompok Tani Ternak Unggas Lokal Kab. Ciamis di Demplot milik BALITNAK Ciawi Bogor, saat melakukan Inseminasi Buatan (IB) Itik Mojosari. Foto : Edji Darsono/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Koptan) Ternak unggas ayam dan itik lokal, yang tergabung dalam Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Kab. Ciamis mengikuti pelatihan dan penelitian yang digelar oleh Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi Bogor.

Nur Muttaqien, Ketua Himpuli Kab. Ciamis, belum lama ini, mengatakan, program pelatihan dan penelitian tersebut merupakan upaya para peternak mendalami ilmu pengetahuan tentang teknis produksi dan rencana usaha kelompok ternak.

Sementara itu, Seksi Pengembangan Peternakan, Dinas Peternakan Kab. Ciamis, Otong Bustomi, SPT., MT., mengatakan, sedikitnya 55 orang dari enam kelompok ternak itik dan 5 koptan ternak ayam mengikuti kegiatan awal, yang digelar pihaknya, di Priangan Hotel, Ciamis.

Pelatihan dan Penelitian ke Balitnak Ciamis Bogor, merupakan kegiatan puncak yang digelar setelah para anggota Koptan Ternak mengikuti serangkain pelatihan yang digelar di Ciamis.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Peternakan Kab. Ciamis, Ir. Nana Supriatna,  mengatakan, kegiatan yang digelar bagi para petani ternak unggas lokal Kab. Ciamis bertujuan agar Koptan ternak penerima Bantuan Sosial (Bansos) dapat menguasai wawasan tentang beternak unggas.

“Harapannya, para anggota kelompok bisa meningkatkan produksi ternak, sehingga mampu menjadi breading center, melakukan inseminasi buatan (IB), pembuatan pakan, dan pengolahan pasca panen. Dan paling penting, kualitas produksi, kuantitas dan jumlah pengangguran bisa berkurang,” katanya.

Kepala Seksi Jasa Penelitian Balitnak, Drs. Isbandi, berharap para anggota Koptan Ternak Unggas, bisa menyerap dan mengaplikasikan wawasan yang mereka peroleh dari pelatihan. Harapan tersebut, bisa terlihat setelah anggota Koptan bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing di pasaran.

Seorang anggota koptan Ternak Pelita, Iding, mengungkapkan, meski terbatas waktu dan kesempatan, dirinya bisa memperoleh wawasan yang bisa dia aplikasikan di kelompoknya. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles