Masyarakat Sehat, Pemerintah Kuat

15/07/2011 0 Comments

Salah satu mahasiswa KKn dari STISIP BP sedang memberikan pemahaman tentang petingnya posyandu. Foto : Yogi SM

News, (harapanrakyat.com),- Posyandu merupakan program pemerintah dalam upaya menyeimbangkan angka kelahiran, dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya bayi, balita serta ibu hamil.

Seperti halnya kegiatan di Posyandu Dahlia, Dusun Sukajadi, Desa. Cileungsir, Kec. Rancah, Kab. Ciamis, yang dikelola dan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, bidan desa, PLKB dan para kader.

Menurut Ketua Posyandu Dahlia, Yayah Sopiah, bahwa para peserta (bayi dan balita) di Dusun Sukamaju, dinyatakan 99% kondisinya sehat. Hal itu dikarenakan kepedulian para kader yang berada di lingkungan masyarakat sekitar.

“Jadi, apabila proyeksi peserta 70 dan yang hadir hanya 50, maka para kader di tiap RW mengunjungi peserta yang tidak hadir untuk mengetahui kesehatan peserta. Akan tetapi, dalam kegiatan posyandu ini masih banyak kendala, seperti peralatan, sarana dan permodalan,” katanya, Sabtu (9/7).

Sementara itu, pada kegiatan Posyandu tersebut, peserta KKN STISIP Bina Putera Banjar diberi kesempatan untuk memberikan materi dasar tentang pentingnya Posyandu, dalam mewujudkan masyarakat sehat.

Hendri, peserta KKN STISIP BP Banjar, semester VII Jurusan Ilmu Pemerintahan, mengatakan, masyarakat yang sehat merupakan salah satu modal utama dalam mewujudkan pemerintahan yang kuat. (Yogi Sugiarto Maulana, Mahasiswa KKN StisipBP Banjar, jurusan Ilmu Pemerintahan)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!