Pencaker Meningkat 100% di Bulan Juni

03/07/2011 0 Comments

Bulan Mei hanya tercatat 549 orang dan naik menjadi 1000 orang

Banjar, (harapanrakyat.com),- Jumlah Pencari Kerja (Pencaker) pada Bulan Juni meningkat seratus persen dari bulan sebelumnya. Pada Bulan Mei, pencaker di Dinas Sosial Tenaga Kerja (Disosnakertrans) tercatat mencapai jumlah sekitar 549 orang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Disosnakertrans, Saefudin, Selasa (28/6) di kantornya. Saefudin mengatakan, jumlah pencaker di Bulan Juni sangat fantastis, tercatat mencapai seribu orang.

Menurut Saefudin, tingginya minat pencaker bukan berarti menunjukan tingginya jumlah penggangguran di Kota Banjar, melainkan, mereka ingin mencoba mengadu nasib di sejumlah perusahaan baik di daerah sendiri atau daerah lain.

Dia juga menilai, tinnginya jumlah tersebut beriringan dengan masa kelulusan siswa tingkat SMA. Bisa dimungkinkan, bahwa para siswa yang enggan melanjutkan ke perguruan tinggi, memilih untuk mencari pekerjaan.

Meski demikian, Saefudin mengaku, kesempatan kerja bagi para pencaker sangat terbuka lebar. Salah satu contoh, PT. Sun Chang masih membutuhkan ratusan tenaga, yang bisa bekerja di perusahaannya.

Data yang terpampang di Disosnakertrans menyebutkan, bulan Januari jumlah pencaker mencapai 200 orang, Bulan Februari 165 pencaker, Bulan Maret 212 pencaker, April 217 pencaker, dan pada Bulan Mei 549 orang.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja diantaranya, PT. Midi Utama Indonesia, PT. Indo Marco, PPTKIS Andalan Mitra, PT Akur Pratama, PT. Sun Chang, PT Avida Aviaduta, PT Wahana Karya Suplaindo, CV. Membangun Manusia Karya, CV. Sinar Baru, CV. Beringin Jaya Sakti, CV. Cahaya Mandiri, PT. bank Niaga, dan Bank BPR Mitra.

Menurutnya, semua perusahaan tersebut hingga kini masih membuka pekerjaan bagi para pencaker yang berminat untuk bekerja. Saefudin juga mengungkapkan, pihaknya terus mengupayakan keahlian bagi para calon pencaker yang membutuhkan pelatihan. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply