Promosi Usaha di HR? Siapa Takut?

22/07/2011 0 Comments

Anda, para pembaca setia Harapan Rakyat, tentu akan mengerutkan kening ketika membaca berita-berita HR dalam satu bulan ini. Ada nuansa berbeda yang HR tawarkan kepada pembaca. Ya, sejak bulan lalu, pemberitaan HR memberi perhatian lebih pada sektor usaha mandiri yang dilakukan masyarakat, baik usaha skala mikro, kecil, maupun menengah.

Asep Mulyana, Tim Litbang HR

Tentu bukan tanpa alasan mengapa HR membuat perubahan seperti itu. Bagi HR, kemajuan suatu kawasan sangat tergantung pada seberapa cepat roda ekonomi berputar. Roda ekonomi ditentukan oleh seberapa dinamis sektor usaha yang dijalankan oleh rakyat. Dalam kaitan ini, HR berkeinginan untuk memiliki andil dan kontribusi dalam mendongkrak sektor ekonomi rakyat.

Dengan oplah dan jumlah pelanggan yang mencapai ribuan di Banjar dan Ciamis, semua pemberitaan dan iklan yang dimuat HR akan diketahui ribuan orang. Sadar akan posisi yang strategis ini, maka HR mengambil langkah perubahan dengan menyediakan ruang/rubrik khusus—yaitu Inspirasi Bisnis—yang diharapkan menjadi ”rumah” promosi bagi semua pelaku usaha di Banjar dan Ciamis. Apalagi kini HR telah memiliki pula media internet (www.harapanrakyat.com), yang memungkinkan pemberitaan atau iklan HR tentang suatu usaha dapat dibaca oleh semua orang yang terhubung dengan internet di seluruh dunia.

Model dan gaya pemberitaan di rubrik Inspirasi Bisnis HR dikemas dengan ringan, informatif, dan inspiratif. Model semacam ini sengaja dibangun untuk merangsang dan memacu semua pembaca untuk membangun usaha sendiri dan melakukan promosi. Jika virus ”membangun usaha sendiri” dan promosi ini sudah menjalar, maka roda perekonomian suatu kawasan dapat bergerak dinamis.

Untuk sektor-sektor usaha rakyat yang masih dikelola secara tradisional, kesadaran untuk melakukan promosi usaha masih rendah. Padahal, promosi merupakan salah satu dari empat elemen penting dalam menjalankan usaha. Ada 4P yang harus kita perhatikan dalam membangun kebesaran usaha, yaitu Place (tempat yang strategis), Price (harga yang bersaing), Product (produk yang bermutu), dan Promotion (promosi yang gencar).

Promosi penting untuk dilakukan karena terkait dengan pembentukan citra/image suatu produk. Pelaku usaha besar yang dikelola secara modern paham betul arti penting dari promosi. Mereka menyediakan slot anggaran yang sangat besar untuk promosi, baik dalam bentuk spanduk, baliho, iklan, dan ekspos produk oleh media massa, baik cetak maupun elektronik.

Di kalangan pelaku usaha kecil yang masih dikelola secara tradisional, kesadaran tentang pentingnya promosi masih perlu ditingkatkan. Dalam kaitan ini, penyediaan rubrik khusus Inspirasi Bisnis di HR dimaksudkan untuk menggenjot promosi usaha mikro, kecil, dan menengah yang dijalankan rakyat di kawasan Banjar dan Ciamis.

Sekurang-kurangnya ada dua keuntungan penting jika pelaku usaha rakyat mempromosikan produk dan usahanya di rubrik Inspirasi Bisnis HR. Pertama, suratkabar HR merupakan suratkabar langganan lembaga-lembaga pemerintah, termasuk lembaga pemerintah yang menangani peningkatan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah di Banjar dan Ciamis. Oleh karena itu, pemberitaan dan iklan usaha mikro, kecil, dan menengah pada rubrik Inspirasi Bisnis di HR dapat menjadi jembatan yang menghubungkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan para pemegang kebijakan di pemerintahan. Saat ini pemerintah sangat berkepentingan untuk melindungi sektor usaha rakyat karena sektor ini terbukti telah menjadi penyangga ekonomi ketika negeri ini dilanda krisis. Pada saat yang sama, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, memerlukan perlindungan pemerintah agar tidak digerus oleh arus usaha besar yang dikelola secara modern. Dengan demikian, adanya rubrik Inspirasi Bisnis di HR diharapkan dapat menumbuhkan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah di Banjar dan Ciamis.

Kedua, suratkabar HR memiliki pula situs internet. Semua berita dan iklan yang ada di HR ditampilkan pula di dalam website HR yang dapat diakses oleh siapapun yang memiliki koneksi dengan internet di seluruh dunia. Wilayah sebaran pemberitaan dan iklan HR yang sangat luas ini sangat menguntungkan siapapun yang memasang iklan atau mengekspos produk dan jenis usahanya di HR. Kesempatan bagi pelaku usaha untuk mempromosikannya produk dan usahanya ke wilayah lain tanpa batas-batas negara sangat terbuka lebar. Tentu saja, hal ini dapat membuka kesempatan dan kemungkinan ekspor bagi usaha-usaha yang dipromosikan atau diiklankan di HR.

Jadi, tunggu apa lagi? Promosi dan Iklan usaha Anda di HR? Siapa Takut! ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply