SMPN 2 Ciamis Jalin Sister School dengan Berbagai Negara

15/07/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ciamis menjalin kerjasama/ Sister School dengan 3 Negara, yakni Malaysia, Australia dan Turki. Jalinan sister school ini dilakukan pihak sekolah dalam rangka bertukar informasi soal perbaikan kurikulum sekolah dan peningkatan kompetensi guru.

Tidak hanya itu, pihak sekolah juga mempunyai misi mempekenalkan budaya Ciamis kepada kepada kalangan pelajar, juga masyarakat di ketiga negara tersebut. Hal itu disampaikan Kepala SMPN 2 Ciamis, DR. Agus Try, kepada HR, belum lama ini.

Agus juga menjelaskan, dalam pertukaran pelajar Februari 2011 silam, pihak SMPN 2 Ciamis memberangkatkan 22 siswa dan siswi. Para siswa-siswi tersebut berkesampatan menampilkan tarian tradisional Jaipongan dan Rongeng Gunung di Sekolah Putrajaya, Malaysia.

Menurutnya, pada agenda kegiatan sister school tersebut, SMPN2 Ciamis ingin mengangkat kompetensi para Guru, Staf Administrasi dan para siswa-siswinya, termasuk dalam konteks pengenalan karakter budaya bangsa.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat ini, pihak sekolah juga akan menjalin kerjasama dengan salah satu sekolah di Adelaide Australia, dan satu sekolah lainnya di negara Turki. Bahkan, hingga saat ini, para siswa yang pernah mengikuti pertukaran pelajar, masih berkomunikasi dengan orang tua asuh mereka.

Informasi yang berhasil dihimpun HR, menyebutkan, sejumlah staf dan pengajar SMPN 2 Ciamis sempat diminta untuk menjadi pengajar di Malaysia.

Pada kunjungan balasan, Maret 2011 lalu, para pelajar dan Guru Putrajaya, Malaysia diajak oleh pihak sekolah untuk mengunjungi tempat wisata Alun-alun Ciamis, Karangkamulyan, dan Pangandaran.

“Di sentra batik Ciamis, para guru dari Putrajaya sempat memborong banyak Batik khas Ciamis untuk oleh-oleh ke Malasya,” katanya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply