BAZ Salurkan Zakat bagi 3.335 Fakir Miskin dan 50 Penjaga Masjid

11/08/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Badan Amal Zakat (BAZ) Kota Banjar pada bulan Ramadhan kali ini sudah menyalurkan zakat kepada 3.335 orang fakir miskin. Sebanyak 50 orang diantaranya penjaga mesjid dan imam mesjid, mereka diberi bantuan untuk modal usaha.

Namun, bantuan tersebut tidak berbentuk uang, tapi berupa peralatan/sarana untuk berjualan, seperti kompor atau jongko warung kopi, serta bantuan berupa bedah rumah periode dua.

Selain itu, BAZ juga memberikan sumbangan kepada DKM sebesar Rp1,5 juta yang diperuntukkan bagi pembangunan atau rehab mesjid. Bantuan akan diberikan setelah DKM yang bersangkutan mengajukan permohonan bantuan pada pihak BAZ.

Kemudian, pada tahun ini BAZ Kota Banjar juga memberikan bantuan kepada Madrasah Diniyah (MD), besaran sumbangannya sama dengan bantuan yang diberikan kepada DKM, yaitu Rp1,5 juta.

Kepala BAZ Kota Banjar, KH. Lili Hasanudin, saat ditemui HR di Kantor BAZ, Selasa (9/8), menjelaskan, penyaluran zakat kepada fakir miskin dilaksanakan ketika acara Teraweh Keliling (Tarling) dan Jum’at Keliling Walikota Banjar, DR. Dr. H. Herman Sutrisno, MM., ke setiap DKM yang sudah dijadwalkan dalam Tarling dan Jumling selama Ramadhan.

“Penyaluran zakat kepada fakir miskin juga dilakukan di kantor kelurahan dan desa yang sudah ada dalam daftar,” terangnya.

Dikatakan Lili, khusus bantuan yang diberikan sebagai modal usaha, itu harus betul-betul tepat sasaran. Sehingga, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu membantu dan mendongkrak perekonomian fakir miskin produktif.

Pihaknya merasa bersyukur, karena setiap periode dalam menyalurkan zakat selalu ada peningkatan. Sebelumnya satu RT hanya menjadapat jatah satu orang, namun sekarang setiap RT mendapatkan jatah 2-3 orang. Lalu, ditambah pula dengan adanya bantuan bedah rumah, sumbangan untuk DKM dan MD.

“Sejalan dengan itu pula, bagi yang berzakatnya belum melalui BAZ, diharapkan para aghnia akan memanfaatkan BAZ sebagai wadahnya penyalur zakat yang ada di Kota Banjar,” pungkasnya. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply