Bupati Engkon Himbau Petani Lakbok Tingkatkan Produksi Padi

11/08/2011 0 Comments

Bupati Ciamis, Engkon Komara, sedang melakukan agenda Taraweh Keliling (tarling) di Mesjid Jami` Nurul Huda, Sukanegara Kec. Lakbok, Minggu lalu. Foto : Aam Lusyana/HR.

Lakbok, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, H Engkon Komara menghimbau kepada para petani Lakbok untuk terus meningkatkan hasil pertaniannya, khususnya padi. Karena, Kecamatan Lakbok merupakan lumbung padi dan penghasil beras terbesar se-Jawa Barat.

Menurut Engkon, hingga saat ini padi masih menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat bagi masyarakat, khususnya di Kab. Ciamis. Untuk itu, kerja keras para petani Lakbok akan sangat membantu ketersediaan pangan di Kab. Ciamis dan Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Engkon dalam sambutannya saat melaksakana acara teraweh keliling (tarling), di Mesjid Jami Nurul Huda, Desa Sukanegara, Kecamatan Lakbok, Rabu (3/8).

Dijelaskan dia, pada musim tanam yang lalu, beberapa lahan pertanian di seluruh kecamatan se-Kabupaten Ciamis banyak mengalami gagal panen. Penyebabnya yaitu akibat perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu.

Sehingga, jumlah produksi hasil pertanian menjadi berkurang. Dengan demikian maka tentu saja sangat mengurangi ketersediaan pangan di Kab. Ciamis.

Selain itu, Engkon juga mengajak kepada warga Kecamatan Lakbok dan sekitarnya untuk menghemat energi, baik energi listrik atau bahan bakar minyak, terutama bensin.

“Mari kita berusaha dari lingkungan rumah kita sendiri, misalnya mematikan lampu listrik di rumah kita sendiri bila tidak diperlukan, kemudian mengurangi penggunaan perabot rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik,” katanya.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat, supaya jangan mudah percaya pada rayuan-rayuan yang tidak bertanggung-jawab, yang sifatnya memecah belah umat beragama dan umat se-agama. (Andri/amlus)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply