Central Oleh-oleh Puspita Cipaku Mampu Pekerjakan 50 Karyawan

04/08/2011 Berita Kawali
Central Oleh-oleh Puspita Cipaku Mampu Pekerjakan 50 Karyawan

Karyawan Toko Puspita, pusat Oleh-oleh Parahiyangan sedang menimbang produk hasil olahan karya H. Mumuh dan Hj. Entin Kartini Jl. Kawali-Ciakar Kec. Cipaku. Foto : Hendaya/HR.

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Toko Puspita yang berada di Jalan Raya Kawali-Ciakar Kecamatan Cipaku Kab. Ciamis merupakan pusat (central) oleh-oleh Parahiyangan binaan Asuransi Kesehatan (Askes). Toko Puspita menyediakan berbagai jenis olahan kue sagu atau semprit, sale ambon, aneka kripik, wafer, bolu panggang, dan aneka kacang.

H. Mumuh Suhendi (60), bersama H. Entin Kartini, pengelola Toko Puspita, Senin, (1/8) menjelaskan, keduanya membuka usaha tersebut sejak tahun 1985. Singkatnya, setelah diberhentikan (Putus Hubungan Kerja/ PHK) dari Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) Bandung, mereka memutuskan untuk membuka usaha.

“Saya masih ingat, pada saat itu bersamaan Hari Pendidikan Nasional, Presiden kedua, (Soeharto) memberi pesan agar karyawan IPTN yang di-PHK tidak semata-mata hilang pekerjaan. Melainkan, harus bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Mumuh.

Pesan itu kata Mumuh, menginspirasi dia dan Entin untuk membuka sauah baru, untuk menopang kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Di tempat yang sama, Hj. Entin Kartini, mengaku, produk olahan tersebut merupakan buah karya dirinya. Dia bersyukur, usaha yang digelutinya bertahun-tahun masih bisa bertahan.

Menurutnya, saat ini Toko Puspita sudah memperkerjakan karyawan sebanyak 50 orang. Selain itu, pangsa pasar yang dimiliki Toko Puspita sudah merambah ke wilayah bandung, Jakarta, Bengkulu, dan Batam.

“Mudah-mudahan kami bisa terus menambah jumlah karyawan. Itu artinya, usaha kami terus maju dan berkembang,” pungkasnya. (hendaya)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles