Crispy Jamur Tiram, Cemilan Pas Nikmati Teh

25/08/2011 0 Comments

Krispi Jamur tiram mulai diproduksi di Langensari. Usaha ini dinilai memiliki prospek yang menjanjikan. Foto : Deni Supendi/HR.

Deni Supendi

Bila ada waktu senggang di sore hari, paling pas menikmati teh hangat dengan camilan ringan untuk mengganjal perut. Jenis camilan yang bisa dipilih pun makin beragam, seiring maraknya gerai-gerai makanan ringan yang menjajakan camilan dengan inovasi produk. Tentunya hal itu akan menggugah rasa penasaran orang untuk mencobanya.

Salah satu bahan makanan yang bisa dibuat berbagai macam camilan adalah jamur. Semakin ketatnya persaingan dalam kuliner membuat para pelaku bisnis ini harus pintar-pintar membuat terobosan dan inovasi baru agar tetap terdepan dalam bisnis.

Maman, seorang petani asal Langensari yang baru menggeluti budidaya jamur tiram, beberapa waktu lalu, mengaku sudah bisa melihat prospek bisnis olahan jamur tiram (Crispy jamur) tersebut.

Kepada HR, Maman mengungkapkan, masakan berbahan dasar jamur tiram ini banyak disukai para penikmat kuliner, mungkin karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat sensasi di lidah.

Apalagi kata Maman, jika olahan tersebut ditunjang dengan keunggulan bahan bakunya, yaitu jamur tiram yang tanpa kolesterol dan mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Maman juga menceritakan, bahwa ide membuat jamur Crispy muncul setelah melihat sisa jamur tiram yang tidak habis dipasarkan. Karena khawatir membusuk, Maman mencoba memutar cara agar jamur-jamur tersebut bisa dimanfaatkan jadi makanan olahan.

Namun demikian, Maman sudah memiliki rencana jangka panjang untuk usaha jamur Crispy tersebut. Meskipun usaha budidaya jamur tiram, sebagai sumber bahan baku usaha makanan olahannya, baru saja berjalan.

Dia berharap, kebutuhan jamur tiram segar di pasaran bisa menjadi lahan usaha baru bagi warga lainnya. Tentunya, dia menilai, hal itu akan menjadi sebuah kesempatan bagi pembudidaya jamur untuk memenuhi permintaan jamur.

Maman menambahkan, jamur merupakan kuliner yang nikmat, banyak rumah makan yang menggunakan jamur sebagai bahan pengganti untuk daging. Terutama bagi mereka yang menghindari makanan olahan serba daging, jamur sangat cocok sebagai pengganti.

Dengan begitu, masyarakat juga mempunyai pandangan bahwa jamur merupakan camilan yang sehat. Selain itu, jamur relatif mudah diolah. Para pemula pun takkan kesulitan untuk menjalankan bisnis ini. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!