Disperindagkop dan Toserba Pajajaran Gelar Pasar Rakyat

11/08/2011 0 Comments

Karena harga lebih murah, sejumlah warga di Dusun Pasirnagara, Desa Cibeureum, Kec. Banjar, terlihat antusias berbelanja di Pasar Rakyat yang digelar Disperindagkop Kota Banjar, Selasa (9/8). Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, bekerjasama dengan Toserba Pajajaran dan salah satu grosir di Pasar Banjar, pada hari Selasa (9/8), pukul 10 pagi, mulai menggelar Pasar Rakyat yang bertempat di Dusun Pasirnagara, Desa Cibeureum, Kec/Kota Banjar.

Kasi. Bina Pasar Disperindagkop Kota Banjar, Eman HB, SPd, Msi., saat ditemui HR di lokasi tersebut, mengatakan, penyelenggaraan Pasar Rakyat merupakan salah satu upaya pemerintah, untuk meringankan beban kebutuhan sembako masyarakat di daerah pinggiran selama bulan Ramadhan.

Masyarakat yang tempat tinggalnya jauh ke lokasi pedagang grosir, atau pasar, mereka bisa membeli kebutuhan sehari-hari di Pasar Rakyat dengan perbandingan harga lebih murah daripada harus belanja ke kota.

Terbukti, begitu petugas dari Disperindagkop dan Pajajaran mulai dadasar, sejumlah warga silih berganti berdatangan ke tempat dimana Pasar Rakyat digelar.

“Bahan-bahan kebutuhan yang kami sediakan diantaranya minyak goreng, telor, gula pasir, tepung terigu, kacang kupas, bawang merah, bawang putih, kentang, lalu ada pula mie instan, bumbu masak, susu, kopi, sabun mandi, sabun cuci, serta aneka kue dan syrup. Semua harga berada di bawah pasar, ini sesuai dengan harapan pemerintah kota,” terang Eman.

Lanjutnya, pelaksanaan Pasar Rakyat dimulai pukul 9 pagi, dan akan tutup sekitar pukul 3 sore, sesuai jam kerja. Namun, jika pihak pemerintah setempat, dalam hal ini desa/kelurahan, hanya mengijinkan sampai pukul 1 siang, maka pihaknya akan menuruti ketentuan tersebut.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan Pasar Rakyat berikutnya yaitu Rabu (10/8), atau hari ini, akan digelar di wilayah Desa Situbantu, dan Kamis (11/8), di wilayah Desa Jajawar.

Sedangkan, untuk Kec. Pataruman, mulai dilaksanakan tanggal 12, 15, 16 Agustus, lokasinya di wilayah Desa Binangun, Sukamukti dan Kel. Pataruman. Kemudian, tanggal 18, 19, 22 Agustus di Kec. Langensari, yaitu di wilayah Desa Waringinsari, Sukamukti dan Kelurahan Bojongkantong.

Dan terakhir di Kec. Purwaharja, yaitu tanggal 23-25 Agustus, lokasinya di wilayah Kelurahan Purwaharja, Karangpanimbal, dan Desa Mekarharja

Ditempat yang sama, salah seorang warga yang namanya enggan dikorankan, mengaku, semua harga kebutuhan yang tersedia di Pasar Rakyat memang lebih murah dibanding dengan harga di pasaran.

“Gula bodas, bawang beureum, bawang bodas sadayana malirah. Yang tadinya saya tidak niat beli banyak, tapi setelah tahu harganya murah, ya akhirnya saya beli cukup banyak,” tutur salah seorang warga yang memborong gula pasir dan minuman syirup.

Aksi borong juga dilakukan sejumlah warga lainnya. Menurut mereka, daripada harus belanja ke kota yang tentunya memerlukan ongkos, lebih baik memanfaatkan moment tersebut, karena Pasar Rakyat hanya digelar satu hari di setiap wilayah. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!