Gapoktan Cabai Karangsari Sabet Penghargaan dari SBY

19/08/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cabai Merah Karangsari Desa Cibeureum Kec. Sukamantri meraih penghargaan sebagai Gapoktan berpretasi Tingkat Nasional tahun 2011.

Pasalnya, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 66, 17 Agustus 2011, Ketua Gapoktan Karangsari, Pipin A. Apilin berkesempatan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara untuk menerima penghargaan tersebut.

Menanggapi soal prestasi yang diraih Gapoktan Karangsari, Sekretaris Dinas Pertanian (Distan) Kab. Ciamis, Ir. Kustiny, Selasa (16/8), membenarkan perolehan prestasi yang diperoleh Gapoktan Cabe Merah Karangsari Cibeureum Sukamantri.

Kustiny menjelaskan, pihaknya menerima surat dan konfirmasi penghargaan yang akan diberikan kepada Gapoktan Karangsari tersebut, pada peringatan HUT RI ke 66 di Istana Negara.

Sementara itu, Pipin A Pilin, ketika dihubungi HR, via telepon selulernya, Selasa (16/7), membenarkan undangan penyerahan penghargaan yang diterima Gapoktan Karangsari. Dia mengaku bersyukur atas amanah dan penghargaan yang diberikan Presiden SBY tersebut.

“ Alhamdullilah sekarang saya sudah di Jakarta, untuk mengikuti acara Peringatan HUT RI, 17 Agustus 2011. Sekaligus penyerahan penghargaan dari Presiden dan Kementan,” katanya, Selasa (16/8).

Pada kesempatan yang sama, Pipin mengungkapkan, bahwa perolehan prestasi tersebut merupakan sumbangsih pemerintah dan masyarakat Ciamis, dalam memajukan sektor pertanian, khususnya komoditas cabai.

Dia juga menambahkan, Gapoktan Karangsari Desa Cibeureum Sukamantri memiliki 40 orang anggota petani Cabai.  Komoditas Cabai merah yang dikembangkan di wilayah itu, merupakan cabai konsumsi, dan pabrikan seperti cabai lokal, TW, keriting, dan Hybrida.

Kabid Buah-buahan Distan Ciamis, Mamun, mengatakan, pihaknya terus menggenjot Gapoktan Karangsari dengan program teknologi Cabai Pra-panen hingga pasca panen, seperti  GAP (Good Agriculture Practices) dan SOP (Standard Operating Procedure) .

Mamun berharap, agenda rutin Distan Ciamis, dalam mengembangkan produksi cabai bisa membantu peningkatan kualitas dan kuantitas produksi cabai petani di wilayah kecamatan Sukamantri. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply