Ir. Oswan Kurniawan Asal Langensari

04/08/2011 0 Comments

Ir. Oswan Kurniawan, menunjukkan bahan serat dan serbuk pohon kawung untuk eksperimen pembuatan briket dan jamur tiram. Foto : Deni Supendi/HR.

Deni Supendi

Oswan Kurniawan seorang insinyur pertanian asal Desa Muktisari Kec. Langensari belakangan terkenal berkat penemuan transplanter organik pengganti plastik polybag. Transplanter organik ini selain dapat meyelematkan lingkungan, produk tersebut memiliki keunggulan sebagai penyedia bahan yang dibutuhkan tanaman.

Memang, penggunaan bahan baku yang tidak ramah lingkungan sudah bukan lagi jamannya. Kini, semua produk tengah mengalami trend untuk kembali kepada alami dan ramah lingkungan.

Terobosan dunia pertanian memang semakin maju, produk berbahan organik/ ramah lingkungan memang menjadi primadona. Salah satunya pada pengembangan produk pertanian yang dilakukan Ir. Oswan Kurniawan.

Namun penemu ini masih terkesan misterius, soalnya dia belum mau membuka diri. Siapa sebenarnya Ir Oswan Kurniawan? Sebuah rumah di sekitar gang wilayah Muktisari RT 04/01, di samping langgar (masjid) seolah biasa saja. Tapi penemuannya di bidang pertanian mencuri perhatian warga.

Apalagi, sekarang Oswan menjadi berita karena penemuan transplanter organik pengganti polybag. Bagaimana bisa pria kelahiran 1966, asli Magelang, Jawa Tengah (Jateng), ini tiba-tiba menemukan transplanter organik yang diambil dari bahan alami.

Oswan sendiri dikenal sebagai pria yang memiliki banyak ide di bidang sarana pertanian, meski terkadang ide tersebut terbatas karena jumlah permodalan. Beberapa karya tulis yang pernah dia sebutkan kepada HR diantaranya, Buku berjudul “Superkarbon Bahan bakar Alternatif yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya tahun 2008. Buku Mandiri Energi dengan Crude Palm Oil (CPO), Pengolahan Sampah dan Teknhnologi, dia juga membuat kompor pintar, batu bara sintetis dan banyak lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Oswan menceritakan pengalaman kerjanya di beberapa perusahaan ternama di Indonesia. Diantaranya, dia pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Teknik di PT Safitrindo Sumatra Barat, Direktur CV Gayam Himpus Jaya Cilacap, Kepala Pabrik di Media Tanam PT. Baliem Nusantara Jakarta, dan terakhir memutuskan untuk memilih wiraswasta sebagai penopang hidup.

Biodata

Nama               : Ir. Oswan Kurniawan

TTL                 : Magelang, 2 Januari 1966

Alamat            : Ds Muktisari Rt 04/01 Kec. Lengensari Kota Banjar

Pendidikan

a. Formal : SDN Piere Tendean Magelang Tahun 1976

: SMPN 1 Cilacap tahun 1982

: SMAN 1 Cilacap tahun 1985

: S1 Fak. Pertanian Universitas Soedirman 1992

b. non-Formal  : Tenaga Kerja Mandiri Terdidik (TKMT) Departemen Tenaga

Kerja Cilacap tahun 2006-2007

Karya

–          Buku “Superkarbon Bahan Bakar Alternatif” Penebar Swadaya 2008

–          Mandiri Energi dengan Crude Palm Oil (CPO)

–          Kompor Pintar

–          Penglohan Sampah dan Tekhnologi

–          Batubara Sintetis

–          Dan kini sedang melakukan banyak eksperimen.

Pengalaman Kerja

–          Tahun 1994-1996 menjadi Kepala Bagian Teknik di PT Safitrindo Sumbar

–          Tahun 1996-2002 menjabat Direktur CV. Gayam Himpus Jaya Cilacap

–          Tahun 2002-2008 menjaba Kepala Pabrik Meida Tanam di PT Baliem Nusantara Jakarta

–          2008- hingga sekarang menjadi wiraswasta

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!