Jelang Lebaran, Persediaan Daging Sapi Ciamis Aman

25/08/2011 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Peternakan Kab. Ciamis menggelar sensus terhadap sapi yang ada di wilayah kab. Ciamis. Sensus yang digelar tersebut bertujuan untuk mengetahui ketersediaan daging sapi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1423 H.

Kabid Barbang Disnak Kab. Ciamis, Otong Bustomi, Jum`at (19/8), mengatakan, sensus tersebut dilakukan di beberapa Keacamatan. Dari hasil sensus menyebutkan, jumlahnya mencapai sekitar 36.270 ekor sapi.

Menurut Otong, dari jumlah tersebut sekitar 10 persen sapi siap untuk dipotong. Artinya, kebutuhan daging untuk wilayah Kab. Ciamis masih tercukupi. Meski diakui olehnya, permintaan daging sapi belum mengalami peningkatan.

Otong mengungkapkan, kebutuhan daging sapi biasanya disesuaikan dengan jumlah permintaan pasar, baik wilayah sendiri atau dari permintaan luar daerah. Dia memastikan, kebutuhan daging sapi di Ciamis, khususnya lebaran aman.

“Malahan saya kira, persediaan daging bisa menutupi/ mencukupi hingga perayaan hari Kurban (Idul Adha),” katanya.

Tidak hanya itu, persediaan telur di Kab. Ciamis aman. Pasalnya, Kab. Ciamis mampu memproduksi 21 ton perhari. Dia juga menegaskan, kebutuhan telur di hari raya, pada H-1 dan H-2 bisa tercukupi.

Harga Sembako

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindag Kab. Ciamis, Darwan, mengatakan, belum ada lagi peningkatan harga. Dai menyebutkan, harga daging sapi masih bertahan di Rp. 70 ribu perkilo, daging ayam Rp. 28 ribu perkilo, dan telor ayam Rp. 16 ribu perkilo.

“Kami memperkirakan, kenaikan harga sembako akan terjadi mendekati hari H Lebaran,” pungkasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!