Masyarakat Mulai Tertarik Berwirausaha

04/08/2011 0 Comments

Rancah, (harapanrakyat.com),- Generasi muda di Desa Cileungsir, Kec. Rancah, kebanyakan tidak tertarik untuk mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di daerahnya. Pada umumnya generasi muda di Cileungsir, lebih memilih menjadi pegawai negeri maupun swasta.

Dengan adanya penyuluhan tentang kewirausahawan, yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STISIP BP Banjar selama hampir satu bulan (1 s/d 31 Juli). Membuka informasi kepada masyarakat Desa Cileungsir, bagaimana cara mengelola sebuah usaha. Mulai dari perencanaan, pengurusan surat ijin usaha, pelaksanaan dan strategi mendapat pinjaman kredit bank. Dengan diberikannya penyuluhan tentang kewirausahaan, masyarakat setempat, mulai terbuka dan tertarik. Ungkap Ketua BPD Cileungsir H.Maman Rachman K, S.Pd.

Selain mengadakan penyuluhan soal kewirausahaan, mahasiswa KKN STISIP BP juga, mengadakan sosialisasi tentang peraturan desa (Perdes). Kegiatan sosialisasi itu berisi materi tentang penjabaran pelaksanaan Perdes. Dengan berbagai kegiatan dalam KKN STISIP BP, pihak Pemerintah Desa Cileungsir, memperoleh banyak tambahan informasi. Kata Dedi Rosadi SP, Sekdes Cileungsir, dua kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN yang bersifat rekreasi dan yang bersifat edukasi sangat terasa oleh masyarakat di sini. Kegiatan tersebut diikuti oleh perangkat desa, karang taruna dan tokoh masyarakat setempat. (Yogi)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!