Pepaya California Langensari, Kembangkan Sentra Kebun Diluar Banjar

19/08/2011 Berita Banjar
Pepaya California Langensari, Kembangkan Sentra Kebun Diluar Banjar

Langensari, (harapanrakyat.com),- Petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Pepaya Indonesia (APPI) di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dalam waktu dekat akan memanen pepaya California secara massal. Berbarengan dengan hal itu, APPI juga terus melakukan pengembangan lahan hingga 150 hektar untuk penanaman varietas pepaya California.

Asep Sutari

Ketua APPI, Asep Sutari, Selasa (17/8) memperkirakan, sehabis lebaran, atau sekitar akhir Bulan September, pepaya california yang terdapat di atas lahan milik Maman, seluas 500 bata, di bilangan Komplek Pemakaman Umum Kec. Langensari bisa dipanen.

Meski begitu, Asep mengaku terus berupaya mengembangkan luasan lahan untuk menanam varietas pepaya california. Saat ini saja, kata dia, sedikitnya 60 petani dari sekitar Langensari, Kota Banjar, dan beberapa petani dari daerah Rancah, Cimaragas, Ciamis dan lainnya sudah tergabung dalam asosiasi.

Asep, lulusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut menjelaskan, target luas lahan yang akan digarap oleh APPI mencapai kurang lebih 150 hektar. Hanya saja, lahan tersebut tidak hanya terpusat di kota Banjar saja, melainkan bisa di beberapa daerah.

Pada kesempatan yang sama, Asep juga mengharapkan, agar Kota Banjar tetap menjadi pusat/ sentra dari pengusaha tani pepaya, meski luas lahan tanaman pepaya tersebar di sejumlah wilayah.

Kepada HR, Asep mengaku, dalam mengembangkan luasan lahan tersebut, pihaknya mencoba selalu memberikan pemahaman kepada warga dan petani yang ingin memanfaatkan lahan, soal pengelolaan dan keuntungan dari jenis tanaman pepaya california.

Menurut Asep, pemasaran untuk pepaya california sudah mulai melebar. Pasalnya, permintaan pepaya california sudah mulai datang dari sejumlah daerah, seperti Jakarta, Bandung dan beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan berbeda, Maman Anggota APPI, mengungkapkan, rencana awal dalam menanam varietas California, tidak hanya upaya penanaman pepaya untuk kepentingan bisnis, akan tetapi sebagai komitmen perhatian terhadap nasib petani.

Selama itu, Maman dan Asep, bersama tiga orang lainnya kemudian berfikir dan berusaha mencari cara agar kesejahteraan para petani bisa ditingkatkan, termasuk upaya pengembangan lahan/ area penanaman pepaya california.

Maman juga mengharapkan, pengembangan area dan produksi hasil olahan pepaya California, bisa membantu menopang kebutuhan hidup sehari-hari para petani di wilayah Kota Banjar dan sekitarnya. (deni)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles