Perum Pegadaian Banjar Targetkan Rp 4 milyar Untuk Lebaran

04/08/2011 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Perum Pegadaian telah menyiapakan dana sekitar Rp5 triliun, dan omzet ditargetkan terjadi kenaikan 15 hingga 20 % pada Lebaran tahun ini. Di Kantor Pegadaian Cabang Banjar, dana yang disiapkan menjelang Ramadhan dan Lebaran nanti ditingkatkan dari hari-hari biasa, yaitu 20-25 %.

Hal itu dikatakan Rahmat, Kepala Pegadaian Cabang Banjar, saat ditemui HR, Selasa (2/8). Menurutnya, target omzet yang harus dicapai sebesar kurang lebih Rp4 milyar.

“Setiap menjelang Ramadhan dan Lebaran memang dana yang kami siapkan selalu ditingkatkan, karena seiring dengan meningkatnya jumlah nasabah menggadaikan barang. Jadi, untuk masalah dana kami sudah siap, dan biasanya target omzet juga tercapai,” katanya.

Dijelaskan Rahmat, jenis barang yang digadaikan warga biasanya berupa perhiasan atau emas, bukan barang elektronik atau handphone. Lantaran, nilai taksiran untuk perhiasan emas cukup tinggi, berbeda dengan barang elektronik.

Nilai taksiran pada barang elektronik jauh lebih rendah, begitu pula dengan handphone. Sehingga, masyarakat lebih memilih menggadaikan barangnya berupa perhiasan emas.

“Kalau barang elektronik itu murah, sebab harga jual di pasaran pun gampang turunnya. Elektronik kan cepat sekali mengeluarkan produk atau type baru, seperti halnya handphone,” kata Rahmat.

Bila masyarakat membutuhkan dana sebesar Rp500 ribu, mereka cukup menggadaikan emas seberat 2,5 gram saja, tapi tergantung besaran karatnya. Semakin besar karatnya maka taksiran harga pun semakin tinggi.

Menurut Rahmat, peningkatan jumlah warga yang akan menggadaikan barang biasanya terjadi pada pertengahan Ramadhan. Bukan hanya masyarakat Banjar saja, tapi banyak pula warga dari wilayah Kab. Ciamis, seperti Cisaga, Rancah, Cimaragas dan Pamarican.

Sementara itu, Rodiah, salah seorang nasabah warga Pamarican, yang saat itu hendak menggadaikan emasnya, mengaku, bahwa dirinya selalu menggunakan jasa Pegadaian ketika terdesak membutuhkan uang.

“Kalau saya sudah langganan menggadaikan barang ke Pegadaian, terutama menjelang puasa atau Lebaran. Biasanya berupa emas, karena selain prosesnya cepat, barang kita juga dijamin aman,” katanya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply