Tertib Administrasi & Pengelolaan Keuangan, Sekolah Butuh TU

25/08/2011 0 Comments

Disdikpora akui kekosongan, tapi terkendala SDM

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah sekolah di Kota Banjar membutuhkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdisiplin ilmu Tata Usaha/ Administrasi Keuangan. Pasalnya, satuan pendidikan tingkat dasar hingga lanjutan di Kota Banjar dituntut agar tertib secara administrasi, terlebih masalah keuangan.

Guru SMKN 3 Banjar yang enggan dikorankan, beberapa waktu lalu, mengatakan, kebutuhan tersebut juga bertujuan, agar sekolah tidak terkendala masalah administrasi keuangan, apalagi saat menghadapi pemeriksaan.

Menurut dia, jabatan atau tanggungjawab administrasi keuangan harus dipegang oleh pakarnya, bukan malah dibebankan kepada tenaga pengajar. Dengan begitu, para guru bisa fokus menjalankan kewajibannya sebagai pengajar, tanpa dibebani masalah administrasi keuangan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Banjar, H. Lukmanulhakim, Senin (22/8), di kantornya, membenarkan hal itu. Dia mengakui, kebutuhan PNS bidang tata usaha/ administrasi keuangan terjadi di sejumlah sekolah.

“Idealnya memang, jabatan TU tersebut dipegang oleh PNS. Namun mau bagaimana lagi, PNS yang mumpuni di bidang tersebut sangat terbatas,” katanya.

Lukman menyebutkan, beberapa jabatan TU/ Administrasi Keuangan yang saat ini masih kosong, terjadi di beberapa sekolah, diantaranya SMPN 9 Banjar, dan SMKN 3 Banjar.

Namun, menurut Lukman, pihaknya sudah berusaha mensiasati hal itu dengan memberikan himbauan kepada pihak sekolah, agar jabatan TU diisi oleh tenaga guru yang bersedia. Artinya, pihak sekolah bisa memberdayakan tenaga pengajar/ guru yang ada, untuk memegang tanggungjawab bidang TU/ Adminitrasi Keuangan.

Untuk sementara ini, Lukman mengakui, bahwa pihaknya tidak dapat menyediakan PNS baru yang khusus membidangi keuangan, karena pendaftaran/ pembukaan CPNS di Kota Banjar sudah di-stop.

“Kalau soal ini, saya serahkan kepada pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) dan Wali Kota,” katanya.

Pada Edisi Minggu lalu, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar membenarkan kondisi Sumber Daya Manusia PNS di bidang keuangan/ akuntansi di Kota Banjar masih minim, termasuk di tingkat satuan pendidikan.

Sekretaris BKPPD Kota Banjar, Drs. Nana, M.Si, belum lama ini, mengatakan, sektor keuangan/ akuntansi sangat dibutuhkan di hampir semua OPD. Pasalnya, masalah administrasi keuangan sangat membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Menurutnya, dari jumlah PNS sarjana yang ada, PNS dengan keahlian jurusan akuntansi masih tergolong minim.

Di samping itu, Penerimaan CPNS di Kota Banjar untuk tahun 2011 dan 2012 kemungkinan tidak dibuka. Alasannya, Pemerintah berencana melakukan optimalisasi dan efisiensi pegawai yang sudah ada. Selain itu, soal anggaran yang memang tidak disediakan untuk tes CPNS. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!