Warga Langensari Minta Kontainer Sampah di Bawah Flyover

11/08/2011 0 Comments

Sampah yang berserakan membuat sareukseuk pemandangan. Kalau tidak segera disediakan bak penampungan, dikhawatirkan sampah akan semakin menumpuk. Foto : Eva Latifah/HR.

Langensari, (harapanrakyat.com),- Akibat sering dijadikan tempat pembuangan sampah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sejumlah warga meminta agar Pemerintah Kota Banjar menyediakan kontainer/bak sampah di sekitar bantaran rel kereta api, tepatnya di bawah jembatan flyover Langensari.

Menurut Ahmad, warga setempat, bahwa tempat tersebut saat ini kerap dijadikan tempat pembuangan sampah, namun pelakunya bukan warga yang tinggal di sekitar jembatan.

“Saya sendiri tidak tahu orang mana saja yang suka membuang sampah sembarangan di sekitar wilayah kami. Karena mungkin mereka membuang sampah ke sini itu dilakukan pada malam hari,” ungkapnya, Senin (8/8).

Kalau tidak segera disediakan bak penampungan sampah, lanjutnya, dikhawatirkan sampah akan semakin menumpuk. Selain dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat bau sampah, juga membuat sareukseuk pemandangan.

Sebelumnya warga sekitar sudah membuat papan peringatan agar tidak membuang sampah di lokasi tersebut. Tapi, upaya itu tidak membuahkan hasil, bahkan papan peringatan pun malah raib.

Keluhan serupa diungkapkan Jahri, salah seorang pedagang celengan dari gerabah yang sering mangkal sambil istirahat di bawah jembatan. Dia mengaku, aroma bau kurang sedap sudah tercium meski volume sampah belum seberapa banyak.

“Sampah yang berserakan di situ kan kebanyakan plastik yang susah hancur, kemudian bekas makanan juga banyak, tentu saja namanya sampah pasti bau, apalagi ini sudah kena hujan dan panas,” ujarnya.

Kondisi jalan yang rusak, serta belum rampungnya pembangunan flyover, ditambah berserakannya sampah di kawasan itu membuat wilayah perkotaan di daerah Langensari terlihat kotor dan kumuh.

Dengan demikian, maka warga berharap kepada dinas terkait untuk segera menyimpan kontainer di lokasi tersebut, sehingga sedikitnya bisa meminimalisir tingkat polusi udara dan kesemrawutan di Langensari. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply