Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000

15/09/2011 0 Comments

Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000, saat memberikan sumbangan sembako dan alat perlengkapan sholat kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan At Taqwa Kelurahan Muktisari Kecamatan Langensari Kota Banjar, Senin (29/8). Foto : Subagja Hamara/HR.

Bentuk Forum Untuk Kegiatan Sosial


Selama dua tahun berturut-turut selalu mengadakan kegiatan bhakti sosial yang digelar setiap liburan Idul Fitri, membuat Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000 berpikir untuk membentuk Forum Alumni. Forum itu dibentuk sebagai wadah bagi setiap Alumni untuk memberikan sumbangsih dan kepedulian terhadap tanah kelahirannya.

Subagja Hamara

Berawal dari sering berkumpul sesama teman SMA seangkatan, yakni Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000, muncullah ide untuk membuat kegiatan yang memiliki dampak positif terhadap masyarakat. Akhirnya, diputuskan untuk membuat acara reunian yang dikemas dalam kegiatan bhakti sosial.

Ketua Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000, drg. Robyanto, mengatakan, dasar pemikiran dipilihnya kegiatan bhakti sosial dalam acara reunian merupakan terjemahan dari rasa syukur seluruh alumni.

“ Kita dari kecil dibesarkan dan sekolah di Banjar, hingga hari ini kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, di profesinya masing-masing. Tentunya sangat wajar apabila teman-teman alumni ingin berbuat memberikan sumbangsihnya untuk tanah kelahirannya, “ ujarnya, kepada HR, pekan lalu.

Menurut Roby—sapaan akrab drg. Robyanto— kegiatan bhakti sosial yang sudah dilaksanakan, yakni memberikan bantuan sembako dan alat perlengkapan sholat ke Panti Asuhan At Taqwa di Kelurahan Muktisari Kecamatan Langensari Kota Banjar.

“ Acara bhakti sosial itu sudah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut setiap kita berkumpul pada liburan Idul Fitri, “ terang Kepala Puskesmas Lengensari ini.

Saat ini pun, lanjut Roby, Forum Alumni tengah mempersiapkan acara pemberian dana sumbangan untuk pembangunan Mesjid Besar Kecamatan Langensari. Dana sumbangan tersebut dikumpulkan dari sodaqoh  Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000. “ Insyaalloh acara pemberian sumbangan dari teman-teman alumni akan diserahkan pada tanggal 17 September mendatang, “ katanya.

Menurut Roby, acara reunian yang dikemas dengan kegiatan bhakti sosial ternyata mendapat sambutan positif yang luar biasa dari para alumni. Hanya diberi kabar lewat jejaring sosial facebook, blackberry messenger dan SMS, bantuan dari alumni terus mengalir.

“ Untuk kegiatan bhaki sosial ke Panti Asuhan saja, hanya dua hari kita memberi kabar kepada teman-teman alumni, bisa terkumpul uang sebesar Rp. 6 juta lebih. Dan uang sumbangan itu tidak hanya dari teman alumni yang berada di Banjar saja, tetapi teman-teman yang merantau di luar kota pun ikut memberikan sumbangan uang untuk terlaksananya kegiatan bhakti sosial ini, “ terangnya.

Tanggapan positif pun terlontar dari salah seorang Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000, Gingin Ginse. Menurutnya, dibentuknya Forum Alumni diyakini akan berdampak positif terhadap silaturahmi antar sesema alumni angkatan 2000.

“ Apalagi Forum ini diarahkan untuk kegiatan sosial, tentunya akan tumbuh suasana kebersamaan antar sesama alumni. Karena lewat kebersamaan yang dibangun dalam bentuk solidaritas dan gotong royong, akan menghasilkan sebuah silaturahmi yang hangat.  Saya sebagai alumni sangat mendukung kegiatan sosial yang digagas oleh Forum,” ujarnya.

Gingin mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang digagas oleh Forum harus menjadi program berkesinambungan yang digelar pada setiap tahun.

“ Konsep kegiatan sosialnya pun harus terus ditingkatkan dalam setiap tahunnya yang disesuaikan dengan meningkatnya taraf hidup dan karier masing-masing Alumni di profesinya masing-masing. Mungkin saat ini yang dimana usia para alumni dikisaran 29-30 tahun bisa membantu panti asuhan, ya mudah-mudahan 5 sampai 10 tahun ke depan, seiring waktu dan kesuksesan para alumni di profesinya masing-masing, diharapkan bisa memberikan sumbangan yang lebih besar, seperti membangun mesjid atau membangun sekolah di Kota Banjar, “ harapnya. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!