Bakar/Goreng Ikan di RM Saung Sawah Umah Bikin Lidah Bergoyang

22/09/2011 0 Comments

RM Saung Sawah Umah bisa dijakdikan tempat istirahat maupun santai dengan menawarkan suasana atau pemandangan yang sangat indah. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Menikmati hidangan makanan di alam terbuka bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu santai bersama keluarga, sahabat maupun rekan kerja.

Pepep Riswanto Akbar

Jika bosan makan di restoran atau di rumah makan yang ada di daerah perkotaan, kini RM Saung Sawah Umah yang beralamat di Lingkungan Panatasan, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, menawarkan aneka panganan berbahan baku ikan.

Bukan hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, dimana hamparan areal pesawahan dan perbukitan, serta hembusan angin segar membawa kita benar-benar berada di suasana alam pedesaan.

Buana (32), pemilik RM Saung Sawah Umah, mengatakan, dia sengaja mendirikan bangunan untuk usahanya itu di atas kolam yang lokasinya berada di pinggir areal pesawahan.

Tujuannya supaya pengunjung dapat menikmati hidangan di alam terbuka, seperti ikan bakar/pepes, cah kangkung, mendoan, dan masih banyak menu makanan lainnya. Sedangkan untuk minumannya, di sana menyediakan wedang jahe yang bisa menghangatkan tubuh.

Selain itu, para pengunjung juga bisa memilih ikan pesanannya dengan cara memancing sendiri menggunakan pancingan yang sudah disediakan oleh pihak RM Saung Sawah Umah.

“Kami menyediakan berbagai jenis ikan, diantaranya Gurame, Mujaer, Bawal, Lele dan ikan Mas. Untuk masalah harga, di sini sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah, karena kami membidik konsumen yang datang ke sini bisa mencakup masyarakat kecil,” tutur Buana, saat ditemui HR, Senin (19/9).

Meski baru berjalan satu bulan, Buana mengaku, saat ini usahanya tersebut mengalami kemajuan cukup lumayan. Namun, dia belum bisa merinci berapa keuntungan yang diperolehnya setiap hari.

Dengan modal awal yang cukup besar, yaitu sekitar Rp.100 juta, maka dirinya harus benar-benar ekstra dalam menjaga citarasa masakan agar usahanya bisa tetap eksis. Untuk itu, Buana sengaja mempekerjakan sebanyak empat orang koki handal yang telah berpengalaman kerja di restoran-restoran ternama di kota besar, seperti Bandung dan Jakarta.

Menurut dia, usaha yang dirintisnya itu merupakan usaha bersama antara dirinya dengan Nandi (52), pemilik kolam. Buana berharap, kedepan dia ingin lebih memajukan lagi usahanya, yaitu dengan menambah kolam dan membuka cabang di daerah lain.

Sementara itu, Nandi, mengatakan, baru pertama buka saja RM Saung Sawah Umah sudah mempekerjakan sepuluh orang, diantaranya empat orang sebagai koki, enam orang lainnya sebagai pelayan, juga mengurus ikan di kolam.

“Usaha yang sedang berjalan ini mengalami banyak kemajuan, meskipun pembangunan tempatnya belum rampung seratus persen,” kata Nandi. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!