BBWS Citanduy Pastikan Paling Lambat Pembangunan Bendungan Matenggeng Tahun 2014

30/09/2011 Berita Ciamis
BBWS Citanduy Pastikan Paling Lambat Pembangunan Bendungan Matenggeng Tahun 2014

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Desakan Komisi B DPRD Provinsi Jawa Barat, agar pihak Pemprov segera merealisasikan pembangunan Bendungan Matenggeng dan 5 waduk lainnya yang dibangun di kawasan pertanian. Serta meminta agar pengelolaan Sungai Citanduy untuk lahan pertanian lebih dioptimalkan, agar ketersediaan pasokan air bagi ribuan hektar areal pesawahan yang terbentang dari Langensari Kota Banjar hingga Padaherang, Kab. Ciamis dapat terairi dengan normal.

Menanggapi hal itu, Kepala BBWS Citanduy, Syahrial Ahmad, saat dihubungi HR via telepon seluler (27/9), menyatakan, bahwa pihaknya kini tengah melakukan tahapan-tahapan untuk segera merealisasikan pembangunan bendungan Matenggeng.

Bahkan, dikatakan Syahrial, pihaknya pada tahun 2011 ini sedang melakukan studi bagi pembangunan bendungan Matenggeng dan Leuwi Keris. “Setelah itu akan dilanjutkan dengan analisis dampak lingkungan (Amdal). Dan pada tahun 2012 baru kita melangkah untuk merancang Detail desainnya,”.

Setelah tahapan itu pun, menurut Syahrial pihak pemerintah harus membebaskan kawasan bagi pembangunan kedua bendungan tersebut. Dan saat ditanya kapan kira-kira pelaksanaan pembangunan kontruksinya, “Pelaksanaan Kontruksi Bendungan Matenggeng paling cepat bisa dimulai pada tahun 2014 mendatang,” jawabnya.

Mengenai lebih mengoptimalkan tata kelola air di aliran Sungai Citanduy dengan juga membangun 4 waduk lainnya, di kawasan sentra pertanian. Menurut Syahrial, pihak BBWS Citanduy sebetulnya telah merencanakan hal tersebut.

“Untuk pembangunan empat waduk lainnya, kami baru akan melakukan feasibility kelayakan lokasi pada tahun 2012,” pungkasnya. (SBH)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles