Berkah Arus Mudik & Balik, Omzet Pedagang BA Naik 100%

10/09/2011 0 Comments

Membludaknya jumlah pengunjung selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2011, omzet penjualan para pedagang di rest area Banjar Atas meningkat hingga 100%. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2011, omzet penjualan makanan dan minuman para pedagang di rest area Banjar Atas (BA) mengalami peningkatan hingga 100%.

Menurut Iis, salah seorang pedagang, mengatakan, peningkatan omzet secara signifikan terjadi pada waktu arus balik Lebaran. Pengunjung yang beristirahat di BA rata-rata pengguna kendaraan sepeda motor.

“Rest area Banjar Atas ini mulai dipenuhi pengunjung sejak H – 5 Lebaran. Namun, puncaknya justru terjadi saat arus balik, mungkin waktu arus mudik kan masih suasana Ramadhan, jadi pengunjung tidak sebanyak saat arus balik,” jelasnya, Selasa (6/9).

Dengan membludaknya pengunjung, lanjut Iis, selain dapat menguntungkan, para pedagang juga merasa kewalahan melayaninya. Tapi, mereka selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen musimannya.

Jika dibandingkan dengan musim arus mudik dan arus balik Lebaran tahun sebelumnya, jumlah pengunjung lebih banyak tahun ini. Hal itu dilihat berdasarkan keuntungan yang mereka dapatkan.

Sementara itu, Toro, pengunjung asal Purwokerto, mengaku, setiap mudik maupun pada saat arus balik, dirinya sudah biasa mampir di rest area Banjar Atas untuk membeli makanan, atau sekedar minum kopi sambil beristirahat.

“Sebelum melanjutkan perjalanan, saya biasa istirahat di sini, karena tempatnya enak, teduh, makanan dan minuman juga banyak tersedia di sini, harganya juga murah-murah, jadi lumayan bisa ngirit. Biasanya saya bersama istri, namun karena sekarang membawa anak, jadi istri dan anak saya menggunakan mobil umum,” tuturnya.

Hal serupa dikatakan Giman, dan istrinya, Siti, asal Yogyakarta. Mereka mengaku, sejak lokasi rest area Banjar Atas ditata, setiap perjalanan arus mudik maupun arus balik Lebaran selalu singgah di tempat tersebut. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply